Sabtu 03 Dec 2022 06:10 WIB

PGN Pasok LNG ke Kilang Balikpapan

LNG adalah salah satu alternatif pemenuhan kebutuhan energi gas.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Kilang Refinery Unit Pertamina. ilustrasi
Foto: Pertamina
Kilang Refinery Unit Pertamina. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Subholding Gas Pertamina melalaui afiliasinya, PT Pertagas Niaga merealisasikan pengaliran Liquefied Natural Gas (LNG) untuk mendukung keandalan operasi Kilang Refinery Unit (RU) V, Balikpapan, Kalimantan Timur. Pengaliran LNG yang diresmikan pada Jumat (2/12/2022) merupakan upaya yang ditempuh guna memenuhi kebutuhan energi gas RU V Balikpapan sebelum jaringan pipa gas PT Pertamina Gas ruas Senilah-Balikapapan beroperasi

Ini juga merupakan tindak lanjut perjanjian jual beli gas yang ditandatangani pada Agustus 2022 lalu antara PTGN dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI). Pengaliran LNG ke RU V Balikpapan sebesar 2 MMSCFD diproyeksikan akan berjalan selama satu tahun ke depan, bekerja sama dengan patner pengangkutan PT Patra Logistik. Pertagas Niaga mendapatkan suplai LNG dari Filling Station Plant 26 di Bontang yang diangkut menuju Balikpapan

Baca Juga

“Pengaliran LNG untuk RU V Balikpapan diharapkan bisa optimum, sehingga kebutuhan energi khususnya wilayah Indonesia bagian Timur tetap terjaga, sebelum nantinya akan semakin handal setelah Pipa Senipah-Balikpapan on stream,” kata President Director PT Pertagas Niaga, Aminuddin.

Sementara itu, pihak RU V Balikpapan KPI menyatakan pengaliran ini memiliki kontribusi besar salah satu obyek vital nasional. “Penyaluran gas ini membantu operasional RU V disaat pasokan natural gas eksisting pemasok mengalami penurunan,” ungkap GM RU V Balikpapan, Arafat Bayu Nugroho.

Penyaluran LNG adalah salah satu alternatif pemenuhan kebutuhan energi gas pada wilayah yang belum tersambung jaringan pipa gas untuk mendorong percepatan pemerataan energi. Pertagas Niaga sejak tahun 2015 telah menjadi pelopor dalam suplai LNG retail di Indonesia yang dimulai di wilayah Kalimantan Timur.

Suplai LNG PTGN telah menyebar hingga Pulau Sumatera, Jawa, Bali dan Sulawesi baik untuk memenuhi kebutuhan pabrik, rumah sakit, industri hotel, restoran maupun pembangkit listrik dengan total volume suplai 300.000 MMBTU/ bulan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement