Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Ketum PB ESI: Esports Indonesia Mampu Raih Prestasi Dunia

Jumat 02 Dec 2022 22:45 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) akan mencetak sejarah baru. Hal ini lantaran gelaran IESF Bali 14th WEC 2022 akan menjadi ajang esports outdoor terbesar dengan paling banyak peserta di dunia yang akan tercatat dalam Guiness Book of World Records.

Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) akan mencetak sejarah baru. Hal ini lantaran gelaran IESF Bali 14th WEC 2022 akan menjadi ajang esports outdoor terbesar dengan paling banyak peserta di dunia yang akan tercatat dalam Guiness Book of World Records.

Foto: istimewa
PB ESI canangkan Indonesia jadi pemimpin Esport di Asia

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia Budi Gunawan mengungkapkan ekosistem esports di Indonesia terus dikembangkan hingga mampu memimpin Asia dan meraih prestasi dunia lainnya.

Sebelumnya Budi Gunawan telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI) pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 lalu.

Dirinya mengaku bahwa penghargaan yang diterimanya tersebut ditujukan untuk seluruh ekosistem Esport di Indonesia. 

"Penghargaan olahraga dari Kemenpora yang saya terima merupakan penghargaan bagi seluruh ekosistem esports Indonesia, dari atlet, pelatih, sekolah, tim profesional, pengembangan game, dan hingga para pelaku industri," tutur Ketua Umum PB ESI.

Lebih lanjut Budi Gunawan mengatakan misi untuk bisa menjadikan Indonesia sebagai pemimpin Esports di Asia serta meraih prestasi dunia bukanlah hal yang mustahil diwujudkan.

Budi Gunawan menilai para atlet Esports Indonesia memiliki banyak sekali potensi yang bisa jauh dioptimalkan lagi.

Untuk diketahui, saat ini Indonesia menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan kejuaraan dunia esports bertajuk Bali 14th Esports Worlds Championships 2022. Ini merupakan prestasi dan capaian bagi insan olahraga nasional terutama dunia esport Indinesia.

Ajang yang  dilaksanakan pada tanggal 2 - 11 Desember 2022 ini, yang mana menjadi salah satu rangkaian dari acara Indonesia Esports Summit: 14th World Esports Championships 2022. Tidak tanggung-tanggung, bahkan acara ini akan menjadi kegiatan esports outdoor terbesar di dunia.

Sementara itu, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo mengungkapkan bahwa Ketum PB ESI, Budi Gunawan memberikan pesan dan semangat bagi para atlet yang saat ini berlaga di IESF Bali 14th World Esports Championships 2022.

“Ketua Umum berpesan agar para atlet terus disiplin dalam menjaga kesehatan, memastikan seluruh kebutuhan dan perlengkapan tersiapkan dengan baik, memanfaatkan waktu yang ada untuk menyiapkan diri sebaik-baiknya, terus  meningkatkan kemampuan, menjaga kekompakan tim, selalu menjaga p.                          sportivitas, tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran sekecil apapun, dan optimis,” ujarnya.

Pada kesempatan lain, Wakil ketua Bidang Atlet & Prestasi PB ESI, Yohannes P Siagian juga menyampaikan arahan dari Ketua Umum PB ESI bahwa Indonesia sangat optimis dan percaya diri untuk bisa menjadi juara umum pada event ini

"Sesuai dengan arahan Ketua Umum PB ESI Bapak Budi Gunawan, dan Ketia Harian PB ESI Bapak Bambang Sunarwibowo, Indonesia harus sukses sebagai penyelenggara dan sukses dalam prestasi. Dengan semangat dan komitmen tersebut, Indonesia akan berjuang dengan kemampuan terbaik agar bisa menjadi juara umum," katanya.

Bahkan pihak PB ESI benar-benar telah melakukan banyak sekali pembinaan persiapan untuk para atlet Esports bukan hanya dalam pelatihan teknis saja.

"Kami juga terus  membina dan telah mempersiapkan para atlet kami terkait aspek-aspek non-teknis seperti manajemen waktu, pola makan, pola komunikasi, dan terlebih membangun mentalitas yang tangguh," kata Yohannes.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA