Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Dzikir yang Paling Disukai Allah SWT, Meski Pendek dan Sederhana

Jumat 02 Dec 2022 22:32 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Alquran dan Dzikir (ILustrasi). Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adhim doa yang disukai Allah SWT

Alquran dan Dzikir (ILustrasi). Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adhim doa yang disukai Allah SWT

Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adhim doa yang disukai Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Banyak doa atau ddzikir yang bisa diambil dari Alquran dan sunnah Nabi Muhammad SAW. 

Tidak sedikit juga para ulama yang menyusun redaksi bacaan dikir dan doa, baik yang pendek maupun panjang.

Baca Juga

Semuanya jenis dzikir itu mengandung kebaikan dan mempunyai pengaruh yang luar biasa. Namun, dzikir apa yang paling disukai Allah SWT?

Dalam buku “Hikayat Keajaiban Istighfar dan Shalawat Nabi”, Fuad Abdurahman menjelaskan, ada dzikir yang paling disukai oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

إنَّ أَحَبَّ الكَلَامِ إلى اللهِ: سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ “Sesungguhnya ucapan paling disukai Allah SWT adalah subahanallah wa bihamdih (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya).” HR Muslim. 

Dalam riwayat yang lain Rasulullah SAW juga bersabda sebagai berikut:  

كَلِمَتانِ خَفِيفَتانِ علَى اللِّسانِ، ثَقِيلَتانِ في المِيزانِ، حَبِيبَتانِ إلى الرَّحْمَنِ، سُبْحانَ اللَّهِ وبِحَمْدِهِ، سُبْحانَ اللَّهِ العَظِيمِ

 “Dua kalimat ringan di lisan, berat di timbangan, dan disukai Ar-Rahman (Allah SWT), yakni subhanallah wa bihamdih (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya) dan subhanallahil Adzim (Mahasuci Allah Yang Mahaagung).”  (HR Bukhari).

Hadis di atas diperkuat oleh ucapan Abu Dzar, dia berkata, “Rasulullah SAW pernah mengajukan pertanyaan kepadaku, ‘Hai Abu Dzar, maukah engkau kuberitahukan tentang ucapan yang disenangi Allah?’ Aku menjawab, ‘Ya, ak mau, ya Rasulullah. Beritahukanlah padaku tentang ucapan yang paling disenangi Allah’. Beliau SAW lalu bersabda, ‘Sesungguhnya ucapan yang paling disukai Allah adalah subhanallah wa bihamdih’.” (HR Muslim).

Meskipun pendek, ucapan subhanallah wa bihamdih ini memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW bersabda: 

مَن قال: سبحانَ اللهِ وبِحَمدِهِ، في يَومٍ مِئةَ مَرَّةٍ، حُطَّتْ خطاياه، وإنْ كانتْ مِثلَ زَبَدِ البَحرِ 

“Barang siapa membaca subhanallah wa bihamdih sehari seratus kali, maka kesalahan-kesalahannya akan diampuni kendati sebanyak buih dilautan.”  (HR Bukhari).

Ibnu Umar ra juga meriwayatkan bahwa suatu ketika Rasulullah SAW berkata kepada para sahabatnya:

“Ucapkanlah subhanallah wa bihamdihi sebanyak seratus kali. Barangsiapa mengucapkannya satu kali maka tertulis baginya sepuluh kebaikan, barangsiapa mengucapkannya sepuluh kali maka tertulis baginya seratus kebaikan, barangsiapa mengucapkannya seratus kali maka tertulis baginya seribu kebaikan, barangsiapa menambahnya maka Allah pun akan menambahnya, dan barangsiapa memohon ampun, niscaya Allah akan mengampuninya.”    

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA