Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Mengenal Kembang Api Tradisional Korea di Video Musik 'Wild Flower' RM BTS

Jumat 02 Dec 2022 21:50 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani

Video Wild Flower RM BTS menampilkan nakhwa nori atau kembang api tradisional Korea

Video Wild Flower RM BTS menampilkan nakhwa nori atau kembang api tradisional Korea

Foto: Youtube
RM menginginkan nakhwa nori muncul di video musiknya.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Penyanyi rap RM BTS mencuri perhatian dari video musik lagu “Wild Flower” di album barunya Indigo. Selama siaran langsung setelah video musik lagu itu rilis, pemilik nama Kim Nam-joon itu melihat beberapa adegan dan secara khusus menarik perhatian, salah satunya kembang api.

Sang idola menjelaskan bahwa salah satu temannya menyuruhnya pergi dan menonton kembang api, yang dia gambarkan sebagai nakhwa nori. RM langsung menginginkan nakhwa nori muncul di video musiknya.

Terlepas dari apa yang mungkin dipikirkan penggemar BTS, ARMY, RM menekankan bahwa nakhwa nori tersebut bukan CGI karena dia benar-benar syuting di lokasi.

Apa itu nakhwa nori DIlansir Korea Boo pada Jumat (2/12), nakhwa nori adalah acara kembang api tradisional Korea yang diadakan di negeri gingsen itu pada bulan-bulan tertentu, di mana biasanya dilakukan untuk merayakan ulang tahun Buddha atau saat purnama. Tidak seperti kembang api biasa, nakhwa nori terbuat dari merangkai tas kecil dengan kombo arang yang terbuat dari garam dan murbei yang dibakar ke tali, yang digantung di atas air dan dinyalakan. Sebagian besar waktu, nakhwa nori dibakar di atas air karena menciptakan pemandangan warna dan getaran yang indah.

Variety show Korea “1 Night and 2 Days" pernah melakukan video pengenalan kembang api, yang menunjukkan bagaimana mereka melakukannya. Sebelum pergi ke lokasi, para pemeran menulis keinginan yang kemudian tergantung di atas danau.

Seperti di zaman Joseon, pria bepergian dengan perahu untuk menyalakan tongkat nakhwa secara manual dengan obor. Saat tongkat mulai terbakar dan api dipindahkan ke bubuk arang, di mana itu menciptakan efek api yang indah.

Kebiasaan nakhwa nori sudah ada sejak Dinasti Joseon dan dilakukan agar orang-orang berdoa untuk kesejahteraan dan mengharapkan tahun yang baik. Meskipun awalnya merupakan acara untuk orang kaya dan bangsawan selama Dinasti Joseon, tapi nakhwa nori kembali populer dan menjadi kegiatan populer bagi orang-orang di Korea. RM selalu memikirkan musiknya dan video ini tidak terkecuali, yang menggunakan sejarah Korea untuk menciptakan sesuatu yang bermakna.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA