Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Polri: Penilaian Risiko Stadion Bubble Liga 1 Masih Proses

Jumat 02 Dec 2022 20:38 WIB

Red: Ilham Tirta

Kepala Biro Kerja Sama Kementerian/Lembaga (Karokerma KL) Brigjen Dedy Setiabudi.

Kepala Biro Kerja Sama Kementerian/Lembaga (Karokerma KL) Brigjen Dedy Setiabudi.

Foto: ANTARA/Fauzan
Stadion wajib pula memperoleh izin keramaian dari Polri setiap ada pertandingan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karokerma KL Sops Polri Brigjen Dedy Setiabudi mengatakan, penilaian risiko stadion yang digunakan dalam sistem terpusat atau gelembung (bubble) Liga 1 Indonesia masih dalam proses. Penilaian risiko tersebut berjalan sejak rapat koordinasi Polri, PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Kemenpora, dan kementerian terkait pada Selasa (29/11/2022) di Mabes Polri.

"Sekarang sedang berjalan, sedang berproses. Penilaian risiko itu bagian dari proses verifikasi," ujar Dedy di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (2/11/2022).

Baca Juga

Adapun lima stadion bubble di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yang dalam verifikasi oleh Polri yaitu Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo), Stadion Sultan Agung (Bantul), dan Stadion dr Moch Soebroto (Magelang).

Namun, untuk mendapatkan izin pelaksanaan kembali Liga 1, tahapannya tidak berhenti sampai penilaian risiko saja. Stadion tersebut wajib pula memperoleh izin keramaian dari Polri.

Izin keramaian ini, kata Dedy, diberikan setelah kepolisian tingkat wilayah memberikan rekomendasi. Rekomendasi tersebut lalu dibicarakan di Badan Intelijen Keamanan Polri. Jika oke, Mabes Polri akan memberikan izin keramaian.

"Kalau sudah ada izinnya, kami dari Sops Kapolri (Staf Kapolri Bidang Operasi) akan membuat rencana pengamanan," kata Dedy.

Pria berusia 57 tahun itu pun menegaskan, tahap-tahap verifikasi stadion dari sisi Polri sesuai dengan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga. Dengan seluruh tahapan yang mesti dilewati, jadwal lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023 belum dapat dipastikan.

Meski demikian, operator kompetisi yakin putaran pertama Liga 1 Indonesia 2022-2023 selesai pada Desember 2022. LIB berencana menggelar lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023 dengan putaran pertama, sampai pekan ke-17, dituntaskan menggunakan format terpusat atau gelembung (bubble) di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Setelah itu, putaran kedua akan digelar dengan format normal kandang-tandang.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA