Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

UMM Sukses Gelar PIMNAS 2022

Jumat 02 Dec 2022 19:50 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Gita Amanda

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses melaksanakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 30 November hingga 3 Desembee 2022.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses melaksanakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 30 November hingga 3 Desembee 2022.

Foto: Humas UMM
Kemampuan UMM menyelenggarakan acara nasional dan internasional tak perlu diragukan

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menjadi tuan rumah ajang nasional setelah pandemi Covid-19 bukan perkara mudah. Namun Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses melaksanakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 dengan baik dan cepat.

Ketua Juri PIMNAS 2022, Profesor Ahmad Fauzy menilai, kemampuan UMM untuk menyelenggarakan acara nasional dan internasional tak perlu diragukan lagi. UMM juga menjadi tuan rumah secara luring pertama semenjak pandemi menyerang. Maka dari itu, ada hal-hal baru yang disediakan UMM untuk melancarkan acara.

Baca Juga

"Mulai dari tim kesehatan yang siap siaga, penggunaan masker yang ketat, bahkan juga paperless yang diupayakan di sepanjang kompetisi ini,” kata Guru besar statistika UII tersebut.

Fauzy menjelaskan, biasanya ada sebanyak 4.000 peserta yang turut hadir di PIMNAS. Namun karena Covid masih rawan, maka pada gelaran kali ini dibatasi sebanyak 1.523 peserta yang dibagi menjadi 17 kelas.

Menurut dia, jumlah peserta tersebut cukup ideal dalam kondisi saat ini. Apalagi ada banyak standar yang harus dipenuhi oleh tuan rumah. Begitu juga dengan syarat-syarat venue dan kelas agar lomba dapat berjalan lebih efektif, objektif, transparan serta akuntabel.

Ada pun ada 53 juri yang memberikan nilai di PIMNAS ke-35 kali ini. Ketua dan sekretaris juri sebagai koordinator, sementara 51 lainnya disebar di masing-masing kelas presentasi. Ia berharap gelaran ini bisa memunculkan intelektual muda yang kreatif, inovatif, dan solutif bagi masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.

 

Kampus Putih juga telah menyediakan berbagai fasilitas tambahan seperti bazar yang menyediakan makanan dan pakaian. Begitu pula dengan tempat bersantai sebelum maupun sesudah presentasi seperti Container Café, Taman Rekreasi Sengkaling dan lainnya. Peserta dan tamu juga dapat memilih satu dari tiga penginapan yang dimiliki UMM untuk menginap dan beristirahat. Ada Rayz Hotel UMM, Kapal Garden dan MyDormy.

Hal serupa disampaikan oleh Ilham Choiri selaku mahasiswa dari Universitas Jambi. Ia menilai PIMNAS ke-35 di UMM meriah dan kompetitif. Para panitia juga tanggap dan sigap ketika peserta kesulitan dan butuh bantuan.

“Misalnya saja pembukaannya yang wah karena acara besar dan dilaksanakan di Dome UMM. Penampilan yang diberikan juga menarik minta dan fokus kami seperti tari-tarian, penampilan band, hingga pemencetan tombol di dunia metaverse,” katanya dalam pesan resmi yang diterima Republika, Jumat (2/12/2022).

Ilham juga bersyukur PIMNAS ke-35 diadakan di Malang karena iklimnya yang sejuk. Ditambah lagi dengan gedung kampus yang modern, fasilitas mumpuni, danau dan banyak pohon rindang. Teman-teman yang disabilitas juga merasa mudah karena fasilitasnya ramah bagi mereka yang kekurangan.

Ia berharap PKM yang disusun timnya bisa mendapatkan juara di ajang PIMNAS ini. Apalagi melihat usaha yang sudah dilakukannya selama berbulan-bulan. Ia juga berharap PIMNAS di UMM dapat memberikan banyak pengalaman dan pembelajaran untuk menjadi pribadi yang berprestasi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA