Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Pupuk Indonesia dan Pertamina Kembangkan Kios Pupuk Nonsubsidi

Jumat 02 Dec 2022 18:37 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Pedagang menata pupuk non subsidi jualannya. Pupuk Indonesia dan Pertamina bekerja sama mengembangkan kios komersil di wilayah Malang Raya, Jawa Timur, yang menjual pupuk non-subsidi. Ilustrasi.

Pedagang menata pupuk non subsidi jualannya. Pupuk Indonesia dan Pertamina bekerja sama mengembangkan kios komersil di wilayah Malang Raya, Jawa Timur, yang menjual pupuk non-subsidi. Ilustrasi.

Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Pupuk Indonesia dan Pertamina mempermudah petani dalam mendapatkan pupuk.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG - PT Pupuk Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan PT Pertamina (Persero) mengembangkan kios komersil di wilayah Malang Raya, Jawa Timur, yang menjual pupuk nonsubsidi atau produk komersial lainnya. Senior Project Manajer Kios Komersil Pupuk Indonesia Rika Susanty mengatakan, kios komersial yang bekerja sama dengan mitra Pertashop PT Pertamina Patra Niaga tersebut diberi nama Toko Pe-i.

"Kolaborasi pengembangan Toko Pe-i dengan mitra Pertashop ini dilakukan untuk mempermudah petani dalam mendapatkan pupuk khususnya di wilayah sentra pertanian," kata Rika dalam keterangan tertulis yang diterima di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga

Rika menjelaskan dengan adanya Toko Pe-i tersebut diharapkan kebutuhan pupuk nonsubsidi atau komersil bagi petani dapat terpenuhi. Kolaborasi tersebut diharapkan dapat membentuk ekosistem usaha yang bermanfaat dan berkontribusi positif terhadap perekonomian.

Selain itu, lanjutnya, kolaborasi antara PT Pupuk Indonesia dan PT Pertamina juga sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang mendorong semangat sinergi antarperusahaan BUMN dengan berbagai pihak, terutama bersama mitra UMKM. "Dalam rangka mendorong sinergi antar BUMN, kami hadir untuk langkah sosialisasi Toko Pe-i di dalam pengembangan ekosistem di Pertashop wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara," tambahnya.

Menurutnya kolaborasi tersebut menjadi salah satu upaya Pupuk Indonesia untuk meningkatkan penetrasi pasar. Pupuk Indonesia dan Pertamina Patra Niaga sebelumnya telah melakukan pembicaraan terkait peluang kerja sama Toko Pe-i dengan Pertashop.

"Melalui program pengembangan kios komersil ini diharapkan memudahkan petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk, sehingga para petani tidak hanya bergantung pada pupuk bersubsidi yang berasal dari pemerintah," katanya.

Selain itu, kehadiran Toko Pe-i di daerah-daerah juga akan memperluas jangkauan pasar, mendekatkan diri kepada petani, sekaligus sebagai sarana edukasi dan informasi mengenai manfaat pupuk khususnya untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Salah satu keunggulan menjadi mitra Toko Pe-i adalah dapat memberikan jaminan yang menjadi keuntungan atau nilai tambah untuk para mitra.

Jaminan tersebut adalah keaslian produk pupuk, jaminan kualitas produk, dan jaminan ketersediaan pupuk. Untuk menjadi mitra Toko Pe-i ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki KTP dan NPWP, berbentuk badan usaha atau perorangan, dan memiliki nomor induk berusaha (NIB).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA