Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Album Indigo RM BTS Cerminan Buku Harian

Jumat 02 Dec 2022 19:05 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani

Penyanyi rap RM BTS resmi merilis album debut solonya Indigo

Penyanyi rap RM BTS resmi merilis album debut solonya Indigo

Foto: twitter BTS_official
RM sebut Indigo adalah album yang berisi semua perasaan, kekhawatiran dan pikirannya

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Penyanyi rap RM BTS resmi merilis album debut solonya Indigo, Jumat (2/12/2022). RM menyebut albumnya ini sama seperti dirinya, yang menjadi titik awal baru dari karir musiknya selama sembilan tahun.

Rapper bernama Kim Nam-joon itu menjadi anggota BTS ketiga yang melakukan debut resmi sebagai artis solo dengan merilis album Indigo, setelah J-hope dan Jin. Ini menandai proyek individu pertama RM dalam waktu sekitar empat tahun sejak Oktober 2018, ketika dia merilis mixtape berjudul mono.

“Saat itu tahun 2019 ketika saya pertama kali mendapatkan ide untuk membuat Indigo. Ini adalah album yang berisi semua perasaan, kekhawatiran, dan pikiranku seperti buku harian,” kata RM dalam video yang dirilis melalui agensinya Big Hit Music untuk memperkenalkan album baru tersebut dilansir Yonhap News, Jumat (2/12/2022).

Dia mengatakan album ini merefleksikan dirinya sebagai Kim Nam-joon daripada rilis tidak resmi sebelumnya. Dalam konteks inilah dia menemukan judul, Indigo. "Untuk mengekspresikan kecenderungan, warna, dan pemikiran saya yang berubah, saya ingin mengontraskan suasana hitam-putih mono. Jadi, saya bertanya-tanya bagaimana rasanya memulai album formal saya dengan warna dasar alami ini," ujar dia.

RM menjelaskan Indigo adalah warna dasar jeans yang berasal dari alam. Album ini memiliki total 10 lagu, termasuk single utamanya "Wild Flower", "All Day", dan "Closer". RM mengatakan "Wild Flower" memiliki lirik tentang keinginannya untuk hidup seperti bunga liar yang tenang, bukan nyala api yang flamboyan tetapi menghilang dalam sekejap.

Vokalis dari band campuran K-pop Cheery Filter, Cho Yu-jin berpartisipasi dalam lagu tersebut sebagai artis unggulan. "Saya pikir cerita yang ingin saya ceritakan mendapatkan potensi untuk pendekatan yang lebih luas ketika vokal Cho yang bergetar dan kuat ditambahkan ke dalam lagu tersebut," kata RM.

Juga di antara artis yang ditampilkan di album ini adalah Erykah Badu, Anderson .Paak, Tablo dari trio hip-hop Korea Selatan Epik High, dan penyanyi-penulis lagu Inggris Mahalia. “Saat mengerjakan sebuah lagu, ada lagu yang saya rasa harus saya selesaikan sendiri, sementara ada lagu yang bisa memiliki kelengkapan dan vitalitas lebih ketika warna seseorang diterapkan bersama," ujar RM.

Kali ini, RM ingin menambahkan frekuensi, narasi, dan sentimen unik orang lain pada banyak lagunya. Karena itu, dia memutuskan bekerja dengan berbagai musisi. “Saya belajar banyak saat bekerja dengan mereka,” kata RM.

Untuk sampul album dan foto konsep, RM menggunakan Blue, sebuah karya seni mendiang pelukis Korea Yoon Hyung-geun yang dikenal sebagai salah satu artis favoritnya. Penyanyi berusia 28 tahun ini terkenal dengan minat dan pengetahuannya yang mendalam di bidang seni.

Pada Oktober, RM menerima piagam penghargaan dari Administrasi Warisan Budaya Korea Selatan karena menyumbangkan total 200 juta won (sekitar Rp 2,3 miliar) selama dua tahun terakhir kepada Yayasan Warisan Budaya Korea Luar Negeri untuk proyeknya melestarikan dan memulihkan warisan budaya Korea di luar negeri.

Dia meminjamkan suaranya ke panduan audio untuk pameran seni modern Korea yang dibuka pada September di Museum Seni Wilayah Los Angeles, bekerja sama dengan Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer Korea Selatan.

Baru-baru ini, dia adalah satu-satunya artis K-pop yang terpilih sebagai salah satu dari 35 "inovator" di kancah seni oleh outlet berita seni Amerika Artnet.com.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA