Jumat , 02 Dec 2022, 03:57 WIB

Livescore; Comeback 2-1 atas Spanyol, Jepang Juara Grup E

Rep: Rahmat Fajar / Red: Bayu Hermawan
Pemain Jepang merayakan gol ke gawang Spanyol pada pertandingan terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Jumat (2/12) dini hari WIB.
Foto EPA-EFE

Pemain Jepang merayakan gol ke gawang Spanyol pada pertandingan terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Jumat (2/12) dini hari WIB.

Jepang dan Spanyol lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Jepang comeback 2-1 atas Spanyol dalam pertandingan terakhir Grup E Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Tertinggal 1-0 pada babak pertama, Samurai Biru membalikkan keadaan 2-1 di babak kedua.

Spanyol langsung bermain menekan sejak menit pertama. Adapun Jepang lebih bertahan namun mereka dengan cepat bergerak menyerang ketika mendapatkan kesempatan. Pada menit kedelapan, berawal dari kesalahan pemain belakang Spanyol, Jepang mendapatkan peluang.

Baca Juga

Kemelut terjadi di area penalti Spanyol. Junya Ito yang bergerak menusuk ke area penalti lawan dari belakang mendapatkan ruang menembak tetapi tembakannya mengarah tipis ke sisi kiri gawang Spanyol.

La Roja kembali membangun serangan. Dari sisi kanan pertahanan Jepang, umpan lambung dilakukan yang disambut oleh sundulan Alvaro Morata tetapi terlalu lemah dan jatuh ke pelukan kiper. Pada menit ke-11, sundulan Morata tak bisa dihalau kiper Jepang untuk membawa Spanyol unggul 1-0.

Striker Atletico Madrid itu menyambut umpan lambung Cesar Azplicueta dari darisisi kiri pertahanan Jepang. Morata benar-benar menjadi ancaman di laga ini karena memiliki banyak peluang. Pada menit ke-23, ia nyaris menggandakan keunggulan andai tembakannya tak ditangkap oleh kiper Jepang.

Nagatomo dan kawan-kawan meningkatkan tekanan untuk menyamakan kedudukan. Permainan terbuka mereka dikombinasikan dengan presing dan bertahan yang kokoh. Pada menit ke-36, Jepang menekan area pertahanan Spanyol.

Kamada memiliki ruang tembak di kotak penalti namun pemain Spanyol cepat menutup sehingga tembakannya berhasil diblok. Hingga laga berakhir skor bertahan 1-0 untuk keunggulan Spanyol.

Jepang tampil menekan dengan pressing tinggi ketika babak kedua dimulai. Langkah tersebut membuahkan hasil. Pada menit ke-48, pemain pengganti Ritsu Doan menyamakan kedukan 1-1. Tembakannya tak bisa ditepis secara sempurna oleh kiper Spanyol Unai Simon sehingga mengarah ke dalam gawang.

Jepang memanfaatkan momen tersebut dengan bermain menekan. Mereka berbalik unggul 2-1 tiga menit berselang melalui gol Ao Tanaka yang dengan mudah menyodorkan bola ke gawang Spanyol yang kosong. Wasit sempat mengecek VAR karena sebelum sontekan Tanaka bola tampak sudah keluar lapangan.

Spanyol melakukan pergantian beberapa saat setelah gol Tanaka. Luis Enrique menarik keluar Alvaro Morata dan Nico Williams dengan memasukkan Ferran Torres dan Marco Asensio. Pergantian tersebut tak memberikan dampak signifikan. Pasalnya, Jepang menerapkan strategi bertahan yang kokoh. Akibatnya Spanyol kesulitan menemukan ruang tembak dan menusuk ke dalam area penalti Jepang.

Jepang mampu mempertahankan keunggulan 2-1 hingga pertandingan berakhir. Kemenangan ini membuat Jepang lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E. Sedangkan Spanyol tetap lolos menemani Jepang karena unggul selisih gol atas Jerman yang menang 4-2 atas Kosta Rika. 

Baca juga : Moriyasu Hadiahkan Kemenangan Samurai Biru Atas Spanyol untuk Warga Jepang

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
jepang vs spanyol spanyol vs jepang piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar 16 besar piala dunia world cup 2022 timnas jepang timnas spanyol
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya