Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Survei Indikator Politik: Ridwan Kamil Tertinggi Sebagai Cawapres

Jumat 02 Dec 2022 02:37 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Bayu Hermawan

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Ridwan Kamil jadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi sebagai Cawapres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan Ridwan Kamil (RK) menempati posisi teratas pilihan publik sebagai tokoh yang dianggap paling pantas menjadi calon wakil presiden (Cawapres) 2024. Nama RK muncul ketika disimulasilan dengan tiga calon presiden, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto pada responden.

"Basis Mas Anies itu cenderung terbagi ke tiga nama, ada pendukung Anies yang memilih Ridwan Kamil ada yang memilih Pak AHY, ada yang memilih Pak Sandi," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga

Sementara itu, kata dia, pendukung Ganjar Pranowo juga lebih cenderung memilih RK sebagai pendampingnya. Hal serupa juga terjadi pada para pendukung Prabowo. Dalam simulasi yang dilakukan Indikator, RK mendapat elektabilitas 19,7 persen. Disusul AHY 16,3 persen, Sandiaga Uno 12,8 persen, Erick Thohir 9,6 persen dan Khofifah Indar Parawansa 5,3 persen.

Berikutnya, Andika Perkasa 3,3 persen, Puan Maharani 3,1 persen, Tri Rismaharini 2,7 persen, Susi Pudjiastuti 2,2 persen, Mahfud MD 2,0 persen, Airlangga Hartarto 1,6 persen dan Gatot Nurmantyo 1,3 persen. Sementara dalam bursa Capres, nama RK juga menguat sebagai tokoh di bawah Ganjar, Anies, dan Prabowo. Ridwan Kamil dinilai stabil dibawah tiga tokoh tersebut.

"Pada Agustus 2022, ada peristiwa apa yang membuat suara RK melejit, dan sempat turun di September kemudian naik sedikit. Di simulasi semi terbuka suara Ridwan Kamil di kisaran tujuh persenan. Artinya, meskipun tragedi (hilangnya putra RK) sudah berlalu RK masih dapat 7-8 persen," kata dia.

Survei tersebut dilakukan pada 30 Oktober-5 November 2022. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.220 orang. Margin of error survei ini sekitar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya hasil survei Charta Politika Indonesia menempatkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di peringkat teratas sebagai calon wakil presiden dengan angka 22.5 persen.

Elektabilitas Ridwan Kamil di bursa Cawapres mampu menyalip Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang kini berada di posisi kedua dengan 18.3 persen. Sementara di tempat ketiga ada ketua umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan tingkat elektabilitas 9.0 persen.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA