Kamis 01 Dec 2022 21:18 WIB

Flick Tegaskan tak akan Mundur Meski Nantinya Gagal Membawa Jerman ke Babak 16 Besar

Tekanan pada timnas Jerman untuk lolos ke babak 16 besar kian menguat.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Jerman, Hansi Flick.
Foto: AP/Matthias Schrader
Pelatih timnas Jerman, Hansi Flick.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pelatih timnas Jerman, Hansi Flick, menegaskan, tidak akan meletakkan jabatannya apabila gagal membawa Die Mannschaft melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Timnas Jerman tengah berada dalam posisi yang sulit untuk bisa bertahan di Qatar 2022.

Hanya bisa memetik satu poin buah dari satu kekalahan dan satu hasil imbang, Jerman terpuruk di dasar klasemen sementara Grup E. Tidak hanya dituntut bisa memetik kemenangan kala berduel dengan Kosta Rika di laga pamungkas Grup E, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB, Die Mannschaft juga berharap Spanyol bisa mengalahkan Jepang di laga lainnya.

Baca Juga

Peluang Die Mannschaft untuk bisa lolos kian besar apabila mampu meraih kemenangan atas Kosta Rika dengan keunggulan mencapai delapan gol. Tekanan terhadap Die Mannschaft untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 pun semakin besar apabila meniliki capaian Jerman di Piala Dunia 2018.

Apabila gagal melangkah ke babak 16 besar di Piala Dunia 2022, maka untuk pertama kalinya dalam sejarah partisipasi di Piala Dunia, Jerman gagal melaju ke fase gugur Piala Dunia dalam dua edisi secara beruntun. Di Piala Dunia 2018, Jerman harus puas mengakhiri turnamen di fase grup.

Tekanan juga tertuju pada Flick, yang mulai dipercaya menangani timnas Jerman pada Mei 2021. Eks pelatih Bayern Muenchen itu terancam dipecat dan kehilangan posisinya sebagai pelatih Jerman apabila gagal membawa Thomas Mueller dkk melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Namun, Flick menegaskan, tidak akan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Jerman jika tidak mampu mengantarkan Die Mannschaft tampil di babak 16 besar Piala Dunia 2022. ''Dari pihak saya, saya bisa mengonfirmasi hal itu (tetap bertahan di kursi pelatih timnas Jerman). Saya memiliki kontrak hingga 2024 dan berharap bisa memimpin tim ini di Euro 2024,'' ujar Flick seperti dikutip Reuters, Kamis (1/12/2022).

Kiprah Flick sebagai pelatih timnas Jerman itu sebenarnya cukup memuaskan. Dari 18 kesempatan menukangi Jerman, Flick mempersembahkan 10 kemenangan, enam hasil imbang, dan dua kali kalah di semua ajang. Piala Dunia 2022 merupakan turnamen major pertama pelatih berusia 57 tahun itu sebagai pelatih kepala timnas Jerman.

Kendati begitu, Flick terbilang pelatih yang sukses di level klub. Mantan asisten Joachim Loew kala sukses membawa Jerman meraih titel Piala Dunia 2014 itu berhasil mengantarkan Bayern Muenchen meraih status treble winners pada musim 2019/2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement