Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Mengaplikasikan Keindahan Motif Batik pada Lantai Bangunan

Kamis 01 Dec 2022 21:02 WIB

Red: Hiru Muhammad

Keindahan seni batik yang menjadi kekayaan asli Indonesia telah menjadi daya tarik tersendiri bagi industri bahan bangunan

Keindahan seni batik yang menjadi kekayaan asli Indonesia telah menjadi daya tarik tersendiri bagi industri bahan bangunan

Foto: dok niro granite
Nuswapada Collection juga dapat diaplikasikan di berbagai permukaan bangunan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Budaya Indonesia yang sarat makna telah banyak mengilhami kalangan pebisnis dalam mengembangkan usaha mereka. Selain dinilai inovatif, cara ini diyakini juga akan mendorong rasa cinta dan kebanggan budaya leluhur yang wajib dilestarikan bagi generasi mendatang.

Hadirnya budaya Indonesia tidak hanya terbatas pada seni budaya, makanan atau pakaian saja, melainkan juga pada disain bahan bangunan modern. Seperti yang dilakukan pengembang produk porselain tiles Niro Granite Indonesia yang berada di bawah naungan Niro Ceramic Group, yang menggandeng maestro batik Iwan Tirta Private Collection dalam produk terbaru ini.

Baca Juga

Karya batik Iwan Tirta yang selama ini banyak dinikmati dalam bentuk busana, kini juga dapat dinikmati pada disain lantai porselain bangunan yang bertajuk Nuswapada Collection di penghujung tahun 2022. Sebelumnya Niro Granite telah sukses memasarka Swatantra Collection pada 2016 juga dengan karya batik Iwan Tirta Private Collection.

Nuswapada, yang memiliki arti jajaran pulau-pulau, memiliki dimensi ukuran 60x60 sentimeter dengan tipe permukaan matt yang moderen. Koleksi ini juga masih mengusung motif batik khas sang maestro, namun dengan balutan yang ekspresif dan dinamis.

 

"Nuswapada Collection hadir di tengah masyarakat sebagai pilihan porcelain tiles yang tidak hanya cantik dan cocok diaplikasikan dengan banyak fungsi ruang, namun juga sebagai komitmen nyata kami untuk turut andil dalam melestarikan budaya Indonesia," kata Choong Ee Ren selaku Chief Executive Officer Niro Granite Indonesia, Kamis (12/1/2022)

Koleksi ini menghadirkan 4 (empat) series yaitu Ceplok Kembang Waru, Ceplok Bali, Ceplok Kawung Mlinjon, dan Manggaran, dengan total 10 (sepuluh) pilihan warna. Keseluruhan seri tersebut kental dengan berbagai filosofi, seperti keseimbangan kehidupan, kemakmuran, serta keberuntungan yang akan terus tumbuh. Warna-warna koleksi Nuswapada juga beragam, sehingga diharapkan pengaplikasiannya juga bisa lebih luas, mulai dari hunian yang nyaman hingga area komersial yang berkarakter.

"Pasar porcelain tiles semakin berkembang, dan masyarakat juga sudah sangat lihai dalam memilih produk yang sesuai kebutuhan. Hal ini yang terus mendorong kami untuk berinovasi, salah satunya adalah melahirkan produk Nuswapada Collection", kata Choong Ee Ren.

Hal ini sesuai dengan tren disain atau corak lantai tahun 2023 akan kembali ke alam dan ada unsur etnis. Ini sekaligus mendorong rasa cinta pada budaya Indonesia yang sangat kaya ragam dan akan selalu menarik untuk dikembangkan. 

Dalam peluncuran Nuswapada, Niro Granite Indonesia menggelar pameran selama 3 (tiga) hari di Sarinah Thamrin (lantai GF) mulai 1-3 Desember 2022. Di pameran ini, masyarakat juga bisa melihat langsung koleksi Nuswapada dengan balutan dekor yang menarik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA