Kamis 01 Dec 2022 19:02 WIB

Pelatih Portugal Berharap tak Berhadapan dengan Brasil di Babak 16 Besar

Saat ini, Brasil dan Portugal sama-sama tengah memimpin klasemen sementara grup.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Portugal, Fernando Santos.
Foto: AP/Manu Fernandez
Pelatih timnas Portugal, Fernando Santos.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Brasil dan Portugal telah menggenggam satu tiket di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Kepastian ini didapat Brasil dan Portugal usai memetik kemenangan beruntun di dua laga awal penyisihan grup, tepatnya di Grup G dan Grup H.

Keduanya pun berpeluang saling berhadapan pada babak 16 besar. Pasalnya, berdasarkan ketentuan FIFA, juara Grup G akan berhadapan dengan runner-up Grup H. Pun dengan duel antara juara Grup H dengan runner-up Grup G di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Saat ini, Brasil dan Portugal sama-sama tengah memimpin klasemen sementara Grup G dan H secara berurutan. Namun, apabila Ghana bisa meraih kemenangan dengan selisih tiga gol atau lebih di laga kontra Uruguay, ditambah dengan kegagalan Portugal memetik poin di laga kontra Korea Selatan, di laga pamungkas Grup H, maka Portugal akan kehilangan posisi sebagai juara Grup H. Skenario ini yang tidak diharapkan oleh pelatih Portugal, Fernando Santos.

''Apabila kami saling berhadapan (dengan Brasil), maka laga itu akan menjadi duel dua tim luar biasa. Namun, keinginan kami, kami bisa berhadapan dengan mereka (Brasil) di fase berikutnya,'' kata Santos seperti dikutip News Tribune, Kamis (1/12/2022).

Santos pun mengakui, tidak memiliki rencana untuk melakukan rotasi pemain di skuad Portugal pada laga kontra Korea Selatan. Kendati begitu, mantan pelatih Yunani itu agaknya bakal mengistirahatkan Cristiano Ronaldo.

Pengoleksi lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) itu pun dilaporkan menjalani sesi latihan terpisah dengan rekan-rekan setimnya di sesi latihan terakhir Portugal, Kamis (1/12/2022) waktu setempat.

Sebelumnya, timnas Portugal telah kehilangan Danilo Pereira lantaran mengalami cedera tulang rusuk di sesi latihan pada pekan lalu. Gelandang bertahan Paris Saint-Germain (PSG) itu pun kemungkinan besar akan absen di laga kontra Korea Selatan.

Begitu pula dengan kemungkinan absennya Nuno Mendes akibat mengalami cedera otot. Rencananya, Portugal akan meladeni permainan Korea Selatan pada putaran terakhir penyisihan Grup H di Stadion Education City, Al Rayyan, pada Sabtu (3/12/2022) malam WIB. Portugal datang ke laga ini dengan kepercayaan diri tinggi usai membekuk Ghana dan Uruguay di dua laga awal penyisihan Grup H.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement