Kamis 01 Dec 2022 16:42 WIB

Pelatih Meksiko Bertanggung Jawab Atas Kegagalan Timnya Melaju ke Babak 16 Besar

Meksiko gagal ke babak 16 besar karena kalah selisih gol dari Polandia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Meksiko, Gerardo Martino.
Foto: AP/Jorge Saenz
Pelatih timnas Meksiko, Gerardo Martino.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meksiko menang dengan skor 2-1 melawan Arab Saudi pada matchday ketiga Grup C Piala Dunia 2022, Kamis (1/12/2022), Meksiko menyamai poin yang dimiliki Polandia ketika di saat bersamaan Polandia kalah 2-0 dari Argentina. Tapi Polandia lebih berhak maju ke babak 16 besar karena keunggulan selisih gol dari Meksiko.

Tim Meksiko asuhan Gerardo Martino sebetulnya hampir menyamai poin yang dicetak, jumlah gol dan kebobolan dengan yang dimiliki Polandia ketika memimpin 2-0 dari Arab Saudi di 90 menit waktu normal. Namun, gol injury time Salem Al Dawsari mengakhiri harapan kebangkitan Meksiko untuk bersaing menuju babak 16 besar.

Baca Juga

"Saya orang yang bertanggung jawab atas frustrasi dan kekecewaan. Ini benar-benar kesedihan dan saya memikul semua tanggung jawab atas kegagalan besar ini," kata Martino, yang akan meninggalkan perannya setelah turnamen, Kamis (1/12/2022). "Kami mengungguli lawan menciptakan lebih banyak peluang dan kami bisa mencetak gol sebanyak yang diperlukan. Tapi kami gagal dan saya tidak berpikir kami tersingkir di pertandingan sebelumnya, melainkan hari ini."

Meksiko tersingkir di babak penyisihan grup untuk pertama kalinya sejak 1978, mengakhiri delapan kesempatan berturut-turut untuk melaju ke babak sistem gugur, sementara hadiah bagi Polandia adalah pertemuan dengan juara bertahan Prancis pada Ahad (4/12/2022).

Martino mengatakan, timnya mengejar gol ketiga di menit tambahan waktu agar bisa memenangkan keunggulan selisih gol dengan Polandia.

"Kami menambahkan dua penyerang tengah bersama-sama. Saat kami tahu bahwa Polandia memiliki kartu kuning lebih sedikit (daripada kami), sebab itu kami ingin keluar dari (adu kartu)," jelas Martino. "Kami tahu hasil Argentina menang 2-0 dan kami menilai bahwa kecuali banyak pemain yang mendapat kartu kuning untuk pertandingan Polandia, hasilnya berarti kami masih tersingkir."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement