Kamis 01 Dec 2022 16:11 WIB

Inovasi Berkelanjutan Petrokimia Gresik Diganjar Puluhan Penghargaan

Inovasi Petrokimia Gresik pada 2021 mampu menciptakan nilai tambah Rp 65 miliar.

Petrokimia Gresik dan anak perusahaannya meraih 30 penghargaan pada Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXVI tahun 2022.
Foto: Istimewa
Petrokimia Gresik dan anak perusahaannya meraih 30 penghargaan pada Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXVI tahun 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK--Inovasi berkelanjutan yang dilaksanakan Petrokimia Gresik dan anak perusahaan mendapat penghargaan dalam ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXVI tahun 2022 di Lombok beberapa waktu lalu. Total penghargaan yang diraih Petrokimia Gresik dan anak perusahaannya mencapai 30 penghargaan.

"Perolehan prestasi ini menjadi bukti jika Petrokimia Gresik bersama anak perusahaan tidak pernah berhenti menciptakan berbagai terobosan dalam menghadirkan sistem bisnis yang lebih efektif dan efisien," kata Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo dalam keterangan, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga

Dari 30 penghargaan yang didapat, sebanyak 11 penghargaan adalah kategori Diamond yang merupakan penghargaan level tertinggi dalam konvensi inovasi tersebut. Dwi menyampaikan inovasi itu sebagai upaya Petrokimia Gresik menjadi pemimpin di pasar komersial dalam negeri serta mendorong Pupuk Indonesia selaku holding untuk go global.

"DNA inovasi selalu ada dalam tubuh Insan Petrokimia Gresik. Alhamdulillah beberapa tahun terakhir inovasi yang dihadirkan secara kualitas semakin baik. Ini dapat dilihat dari perolehan penghargaan di TKMPN tiap tahunnya yang juga terus bertambah," ujar Dwi Satriyo.

Selama tiga tahun terakhir, perolehan penghargaan di TKMPN terus meningkat. Dimana pada 2020 atau di tengah pandemi Covid-19, Petrokimia Gresik sudah bisa meraih 22 penghargaan, dan berikutnya bertambah lagi pada 2021 menjadi 25 penghargaan.

Begitu juga dengan perolehan Diamond, dimana pada 2021 berhasil mendapatkan lima Diamond, tahun ini total berhasil meraih 11 Diamond yang dibawa pulang. Dari perolehan Diamond tahun ini, delapan di antaranya diraih gugus inovasi Petrokimia Gresik dan tiga oleh gugus inovasi anper.

Adapun gugus inovasi Petrokimia Gresik yang meraih Diamond yaitu GIO Lingfos, GIO Faba, GIO ErPort, GIO HCDev, GIO DTMS, GIO New Crossbar, SS Helem, GIO Jet High Tech.

Sementara gugus inovasi anak perusahaan peraih Diamond adalah SS Commorbid (Petrokopindo Cipta Selaras/PCS), SS Girobo (Koperasi Konsumen Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik/K3PG) dan SS PG Checking (K3PG).

Penghargaan berikutnya adalah enam Platinum yang diraih oleh SS Si Makmur (Petrokimia Gresik), SS Exacc (Petrokimia Kayaku), SS StarPlus (Petrokimia Kayaku), SS Max (Petrokimia Kayaku), GIO Medipack (Petro Graha Medika) dan GIO Sidang (Graha Sarana Gresik/GSG).

Dua penghargaan selanjutnya adalah Gold yang diraih oleh SS SiK3ling (Aneka Jasa Grhadika/AJG) dan SS Pekabis Daan (Petrokimia Kayaku). Terakhir adalah penghargaan lain, yaitu enam Best Performance yang diperoleh atas penampilan Gio ErPort, GIO DTMS, GIO Jet HighTech, GIO Faba, SS Girobo dan SS PG Checking; tiga Best Presenter yang diraih GIO Lingfos, SS Starplus, dan GIO Medipack; serta dua Most Favorite untuk Gio ErPort dan SS Exacc.

"Petrokimia Gresik dalam TKMPN tahun ini mengirimkan 19 gugus inovasi, yaitu sembilan gugus Petrokimia Gresik dan sepuluh dari anper. Semuanya berhasil membawa pulang prestasi tanpa kecuali," ujar Dwi Satriyo.

Ia menambahkan jika inovasi Petrokimia Gresik pada 2021 mampu menciptakan nilai tambah atau value creation sebesar Rp 65 miliar. Capaian ini merupakan sumbangsih dari 82 persen karyawan yang terus adaptif dengan berpikir improvement.

"Inovasi Insan Petrokimia Gresik selain memberikan nilai tambah bagi perusahaan, juga memberikan dampak positif bagi kemajuan pertanian Indonesia melalui produk dan layanan berkualitas, serta kompetitif," ujar Dwi Satriyo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement