Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Tulus Puncaki Spotify Indonesia Sepanjang 2022, Kalahkan BTS dan Justin Bieber

Kamis 01 Dec 2022 13:56 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Penyanyi Tulus tampil menghibur penggemarnya saat konser bertajuk Live Project di kawasan Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (21/10/2022).

Penyanyi Tulus tampil menghibur penggemarnya saat konser bertajuk Live Project di kawasan Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (21/10/2022).

Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Pertama kali dalam tujuh tahun terakhir penyanyi Indonesia kalahkan penyanyi global

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Spotify pada Kamis (1/12/2022) mengumumkan Tulus menyabet posisi teratas untuk kategori daftar artis, album, dan lagu yang paling banyak diputar di platform audio tersebut di Indonesia pada tahun ini.

"Kami sangat senang melihat bahwa artis Indonesia terus bersinar di panggung lokal seperti yang terlihat pada data Spotify Wrapped tahun 2022," kata Head of Music Spotify Asia Kossy Ng melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca Juga

Menurut dia, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia terus mendengarkan dan mendukung bakat-bakat lokal, dengan lebih dari 50 persen artis dan lagu-lagu di daftar teratas Indonesia berasal dari musisi tanah air. "Hal ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk bekerja lebih jauh dalam mendukung musisi Indonesia dan membuka jalan bagi lebih banyak talenta lokal untuk berkembang di platform kami," imbuh Kossy.

Data Spotify Wrapped 2022 menunjukkan Tulus bahkan mengungguli artis-artis global seperti BTS, Justin Bieber, dan Taylor Swift. Menurut Spotify, ini merupakan pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir, seorang penyanyi Indonesia berhasil mengungguli artis-artis internasional sebagai artis yang paling banyak didengarkan di Indonesia di platform streaming audio tersebut.

Lagu Tulus berjudul Hati-Hati di Jalan juga menduduki posisi teratas. Sebagai informasi, lagu ini juga memecahkan rekor di Spotify pada awal tahun ini sebagai lagu lokal yang terlama menempati urutan pertama di tangga lagu mingguan Top 50 Indonesia. Selain itu, album comeback Tulus yang berjudul Manusia juga menempati posisi teratas sebagai album yang paling banyak didengarkan di Indonesia.

Sementara itu jika dilihat secara global, Bad Bunny, Taylor Swift, dan Drake menduduki puncak daftar Wrapped yang memuat seluruh album, lagu, dan artis yang paling banyak didengarkan. Rapper asal Puerto Rico, Bad Bunny, menempati posisi nomor satu untuk artis yang paling banyak didengarkan secara global selama tiga tahun berturut-turut, dengan lebih dari 18,5 miliar streaming tahun ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA