Kamis 01 Dec 2022 12:16 WIB

Bioskop Independen Pertama Arab Saudi akan Dibuka di Jeddah

Pendiri bioskop mengatakan akan merayakan legenda zaman keemasan sinema Arab.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Art Jameel telah mengumumkan bioskop independen pertama Arab Saudi akan dibuka di Jeddah pada 6 Desember 2022, bertepatan dengan Festival Film Internasional Laut Merah kedua.  Bioskop Independen Pertama  Arab Saudi akan Dibuka di Jeddah
Foto: Arab News
Art Jameel telah mengumumkan bioskop independen pertama Arab Saudi akan dibuka di Jeddah pada 6 Desember 2022, bertepatan dengan Festival Film Internasional Laut Merah kedua. Bioskop Independen Pertama Arab Saudi akan Dibuka di Jeddah

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Art Jameel telah mengumumkan bioskop independen pertama Arab Saudi akan dibuka di Jeddah pada 6 Desember 2022, bertepatan dengan Festival Film Internasional Laut Merah kedua. 

 

Baca Juga

Dikatakan Hayy Cinema, di Jeddah's Hayy Jameel, bertujuan memperluas pengalaman sinema dengan menjadi titik pertemuan untuk menonton, menemukan, meneliti dan belajar tentang film, serta bertukar pengetahuan. Bekerja sama dengan RSIFF, teater utama ini memiliki 168 kursi, 30 kursi untuk ruang pemutaran komunitas, perpustakaan multimedia, dan ruang pameran pendidikan.

 

Pendiri bioskop mengatakan akan merayakan legenda zaman keemasan sinema Arab, dan sorotan pemutaran awal termasuk retrospektif dari lima versi film inovatif yang baru dipulihkan oleh master Mesir Youssef Chahine, salah satu pembuat film dunia Arab yang paling diakui secara internasional.

 

Ini juga akan menghadirkan pameran yang menyoroti kontribusi fotografer terkenal Gamal Fahmy terhadap kekuatan revolusioner pembuatan film di wilayah tersebut. “Ini adalah rumah gambar independen pertama yang dipesan lebih dahulu di Saudi, dikembangkan untuk memelihara kancah film lokal tidak hanya pembuat film tetapi juga penonton yang mengapresiasi mereka,” kata Direktur Art Jameel Antonia Carver, dilansir dari Arab News, Kamis (1/12/2022).

 

Melalui program film sepanjang tahun dari Saudi, kawasan dan dunia, serta pembicaraan, pameran, dan festival film yang diadakan di berbagai ruang komunitasnya, bioskop menjadi tempat pertemuan yang ramah, membuka dunia baru bagi penontonc bercerita dan imajinasi.

 

“Kami percaya fokus Hayy Cinema dalam menyajikan dan mendokumentasikan luasnya sinema global, dan dalam menelusuri sejarah sinema dan film dari Teluk, melengkapi blockbuster adegan komersial Saudi yang berkembang pesat dan inisiatif industri yang dipimpin pemerintah,” kata dia.

 

Para pendiri mengatakan melalui retrospektif dan pameran arsip yang dikuratori dengan hati-hati, bioskop mengundang penonton untuk menemukan film-film penting dan belajar lebih banyak tentang pengaruh sejarah industri film independen terhadap tren sosial dan politik.

 

Jadwal pembukaannya mencakup lima film terobosan oleh Chahine: Alexandria… Why? (Iskindereya… Leh, 1978); Alexandria Again And Forever (Iskendereya Kaman we Kaman, 1989); Adieu Bonaparte (Al-Wedaa Ya Bonaparte, 1985); The Sixth Day (Al-Yom El-Sades, 1986); dan Return of the Prodigal Son (Awdet El-Ibn El-Dal, 1976).

 

“Pembukaan Hayy Cinema di Jeddah menjadi momen meningkatnya semangat dan dukungan untuk sinema lokal dan global di Saudi,” kata Manajer senior Hayy Cinema, Zohra Ait El-Jamar.

 

Kolaborasi dengan RSIFF untuk program pembukaan Hayy Cinema berbicara tentang etos Art Jameel: Model kami telah lama dinamis dan adaptif, bekerja dengan banyak lembaga mitra untuk membangun kolaborasi pemrograman yang berlabuh dalam konteks spesifik kebutuhan dan aspirasi komunitas kreatif kami. 

 

“Saya berterima kasih kepada tim di RSIFF dan berharap dapat terus bekerja sama dengan festival dan komunitas film Saudi untuk membangun apresiasi yang lebih besar terhadap sinema di seluruh Kerajaan,” kata dia.

 

Hari pembukaan bioskop ini juga menandai ulang tahun pertama Hayy Jameel, kompleks khusus seni dan kreativitas di Jeddah yang merupakan salah satu dari dua institusi Art Jameel. Art Jameel bekerja untuk mendukung seniman dan memelihara komunitas kreatif. 

 

Didirikan dan didukung oleh filantropi keluarga Jameel, ia menggambarkan program, komisi, penelitian, inisiatif pembelajaran, dan pembangunan komunitasnya didasarkan pada pemahaman dinamis tentang seni sebagai hal mendasar bagi kehidupan dan dapat diakses oleh semua orang.

 

Acara pembukaan bioskop tersebut menandai kolaborasi kedua antara Art Jameel dan RSIFF, pada bulan Desember tahun lalu, Hayy Jameel menjadi tuan rumah "Laut Merah: Immersive", pilihan dari apa yang digambarkannya sebagai proyek realitas virtual yang signifikan dan menentukan era yang dikurasi oleh Liz Rosenthal.

 

RSIFF kedua dimulai hari ini di Jeddah dan berlanjut hingga 10 Desember. Programnya mencakup 131 film fitur dan film pendek dari 61 negara, dalam 41 bahasa, termasuk tujuh fitur dan 24 film pendek dari Arab Saudi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement