Kamis 01 Dec 2022 01:32 WIB

Klasemen Akhir Grup D, Australia Wakil Pertama Asia ke 16 Besar

Asia masih berharap kepada Arab Saudi, Jepang, dan Korea Selatan.

 Para pemain Australia melakukan selebrasi usai pertandingan sepak bola grup D Piala Dunia antara Australia dan Denmark, di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Rabu, 30 November 2022.
Foto: AP/Francisco Seco
Para pemain Australia melakukan selebrasi usai pertandingan sepak bola grup D Piala Dunia antara Australia dan Denmark, di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Rabu, 30 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Australia yang menjadi salah satu wakil Asia (AFC) dan Tunisia sama-sama membuat kejutan besar dalam pertandingan terakhir mereka di Grup D Piala Dunia 2022. Namun mereka berbeda nasib setelah mencetak kemenangan bersejarah itu.

Kemenangan 1-0 Australia atas Denmark mengantarkan mereka ke 16 besar setelah finis di urutan kedua dengan enam poin. Sebaliknya, kemenangan mengejutkan Tunisia 1-0 atas juara bertahan Prancis tak bisa mengantarkan mereka ke 16 besar.

Baca Juga

Dua tim yang dianggap tim-tim lemah di Grup D ini tampil cemerlang pada pertandingan terakhirnya untuk menjungkalkan Prancis dan Denmark yang menjadi kekuatan besar sepak bola dunia dan Eropa. Setahun lalu Denmark adalah semifinalis Euro 2020.

Namun hasil kedua pertandingan ini tak mempengaruhi posisi Prancis sebagai juara Grup D dengan enam poin yang sama dengan Australia, tapi Les Bleus unggul selisih gol.

Tunisia finis pada posisi ketiga dengan 4 poin setelah sekali menang, sekali seri dan sekali kalah. Adapun Denmark yang difavoritkan menjadi pendamping Prancis ke 16 besar menduduki urutan terakhir dengan 1 poin setelah dua kali kalah dan sekali seri.

Australia menjadi wakil AFC (Asia) pertama yang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Gol tunggal Mathew Leckie membuat mereka mengulangi pencapaian serupa pada Piala Dunia 2006.

Dua wakil Asia lainnya sudah tersingkir dari turnamen ini, yakni tuan rumah Qatar dan Iran, sedangkan tiga lainnya, yakni Arab Saudi, Jepang, dan Korea Selatan, berpotensi menyusul sukses Australia.

Klasemen Akhir Grup D

Peringkat Negara Main Menang Seri Kalah Gol Kemasukan Selisih Gol Poin 

1 Prancis 3 2 - 1 6 3 3 6 

2 Australia 3 2 - 1 3 4 -1 6 

3 Tunisia 3 1 1 1 1 1 0 4 

4 Denmark 3 - 1 2 1 3 -2 1

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement