Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Kota Pariaman Targetkan 1,7 Juta Kunjungan Wisatawan di 2023

Rabu 30 Nov 2022 23:12 WIB

Red: Nora Azizah

Seorang atlet paralayang terbang dengan latar Samudera Hindia, dari Gunung Kanter, Nagari Sungai Buluh Selatan, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat.

Seorang atlet paralayang terbang dengan latar Samudera Hindia, dari Gunung Kanter, Nagari Sungai Buluh Selatan, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat.

Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Kota Pariaman gelar 26 kegiatan wisata demi tarik wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN -- Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menyasar 1,7 juta kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri sepanjang 2023 dengan melaksanakan 26 kegiatan pariwisata sepanjang tahun tersebut. "Kami menargetkan 1,7 juta kunjungan dengan perputaran uang Rp200 miliar dari sektor pariwisata sepanjang 2023," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat Peluncuran Calender of Event Wisata dan Sinkronisasi Calender of Event kabupaten dan kota se-Sumbar di Pariaman, Rabu (30/11/2022).

Menurut dia, untuk mengejar target tersebut pihaknya telah melaksanakan pengenalan kegiatan-kegiatan wisata yang akan dilaksanakan di Pariaman kepada warga Jambi. Selain itu,Genius mengajak seluruh kabupaten dan kota di Sumbar untuk berkolaborasi dan mensinkronkan kalender kegiatan wisata agar sama-sama saling mendukung di setiap kegiatan khususnya di bidang promosi.

Baca Juga

"Ketika ada kegiatan pariwisata kita sama-sama datang untuk hadir ke kegiatan itu," katanya.

Ia mengatakan, kolaborasi dan sinkronisasi diperlukan karena saat ini pemerintah daerah di Indonesia sedang mengalami kesulitan anggaran khususnya untuk promosi. Menurutnya, dengan kolaborasi dan sinkronisasi tersebut maka promosi kegiatan pariwisata di setiap daerah dapat berjalan dengan maksimal dan berdampak pada jumlah kunjungan serta perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan kolaborasi dan sinkronisasi dapat dilakukan mengingat masing-masing daerah memiliki keunggulan dan karakter objek wisata yang berbeda-beda. "Pariwisata di Dharmasraya itu sejarah dan budaya sedangkan Pariaman kunjungan pantai dan lainnya," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menjadwalkan 26 kegiatan wisata pada tahun 2023 guna menarik kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional ke daerah itu.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA