Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Soal Rencana Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Begini Up Date-nya

Rabu 30 Nov 2022 20:52 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

 Suporter bersorak jelang pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Polandia dan Arab Saudi, di Education City Stadium di Al Rayyan, Qatar, Sabtu, 26 November 2022.

Suporter bersorak jelang pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Polandia dan Arab Saudi, di Education City Stadium di Al Rayyan, Qatar, Sabtu, 26 November 2022.

Foto: AP/Aijaz Rahi
Arab Saudi memang tengah dilirik untuk menjadi tuan rumah berbagai gelaran olahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Pariwisata Arab Saudi menegaskan, Pemerintah Arab Saudi belum mengajukan tawaran secara formal kepada Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) terkait pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2030. Sebelumnya, Arab Saudi disebut siap bekerjasama dengan Mesir dan Yunani sebagai penyelenggara edisi ke-24 Piala Dunia tersebut. 

Tidak hanya itu, kabar ini pun diperkuat dengan pernyataan Menteri Olahraga Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal, soal ketertarikan negara Petrodollar itu menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. 

Baca Juga

''Kenapa tidak (Arab Saudi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030)? Negara mana yang tidak tertarik menjadi penyelenggaran salah satu event olahraga paling besar tersebut,'' kata Abdulaziz dalam wawancara dengan BBC International, beberapa waktu lalu. 

Kendati begitu, Kementerian Pariwisata Arab Saudi menegaskan, belum ada tawaran secara formal terkait rencana tersebut. Kendati begitu, Kementerian Pariwisata Arab Saudi mengakui, menjadi tuan rumah event olahraga berskala internasional bakal mendukung visi besar Kerajaan Arab Saudi, Saudi Vision 2030. 

''Arab Saudi belum mengirimkan tawaran resmi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2020. Arab Saudi selalu mempertimbangkan untuk menjadi tuan rumah event-event olahraga besar, sebagian bagian dari promosi olahraga dan pariwisata di Arab Saudi, dan sejalan dengan visi Saudi 2030,'' tulis pernyataan resmi Kementerian Arab Saudi seperti dilansir Arab News, Rabu (30/11/2022). 

Arab Saudi memang tengah dilirik untuk menjadi tuan rumah event olahraga berskala internasional, mulai dari gelaran Formula One (F1), pertarungan tinju kelas dunia, hingga Asian Games Winter pada 2029 mendatang. Bahkan, demi kesuksesan menjadi tuan rumah Asian Games Winter 2029, Pemerintah Arab Saudi telah membangun sebuah kompleks olahraga raksasa di wilayah utara negara terbesar di Jazirah Arab tersebut. 

Rencananya, FIFA akan memutuskan tuan rumah Piala Dunia 2030 di kongres FIFA ke-74 pada Februari 2024 mendatang. Sejumlah negara di berbagai kawasan diketahui sudah melayangkan tawaran untuk bisa menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2020. 

Uruguay dan Argentina dilaporkan sudah mengirimkan proposal tawaran menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2022. 

Tidak ketinggalan, tiga negara di Amerika Selatan, Ekuador, Peru, dan Kolombia, juga dilaporkan tertarik menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2022. Sementara dari Benua Eropa, Inggris dilaporkan siap bekerjasama dengan Portugal dan Spanyol untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA