Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Zulhas: KIB Belajar dari Piala Dunia Qatar, Jangan Merasa Kecil Sebelum Bertanding

Rabu 30 Nov 2022 20:07 WIB

Red: Agus raharjo

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

Foto: Istimewa
PAN ibarat tim Jepang, PPP Arab Saudi, dan Golkar layaknya tim Brasil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Umum partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menggelar pertemuan di Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022). Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menganalogikan KIB yang saat ini beranggotakan PAN, Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), layaknya tim yang akan sedang bertanding di gelaran Piala Dunia Qatar.

Ia menegaskan, KIB tidak akan merasa kecil sebelum bertanding. Sebab, di Piala Dunia 2022, ada sejumlah tim yang dianggap kecil justru mampu menumbangkan tim besar.

Baca Juga

“Kita jadi belajar, jangan pernah merasa kecil sebelum bertanding. Yang dianggap lebih kecil malah bisa mengejutkan dan menjadi pemenang,” kata Zulkifli Hasan sebelum pertemuan KIB, dalam keterangan, Rabu (30/11/2022).

Zulkifli Hasan (Zulhas) akan bertemu Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono. Zulhas menegaskan, kekuatan besar justru muncul dari kekuatan-kekuatan kecil yang bersatu dan tetap konsisten. Ia menyebut, hal itu juga yang merepresentasikan KIB, yakni bersatunya kekuatan-kekuatan secara konsisten dalam wadah koalisi.

Menteri Perdagangan ini menuturkan, Piala Dunia Qatar 2022 dapat menjadi pembelajaran untuk tidak menganggap enteng tim-tim kecil. “Jepang, yang warnanya biru kaya PAN, bisa menang lawan Jerman. Arab Saudi, yang warnanya hijau kaya PPP, bisa menang lawan Argentina. Ya, kalau Brasil menang kan wajar. Yang warnanya kuning memang sudah duluan besar,” tegas Zulhas.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA