Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Empat Rempah-Rempah yang Dapat Bantu Larutkan Gumpalan Darah

Kamis 01 Dec 2022 00:45 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Jahe (ilustrasi). Jahe termasuk salah satu rempah yang dapat menghambat penggumpalan darah.

Jahe (ilustrasi). Jahe termasuk salah satu rempah yang dapat menghambat penggumpalan darah.

Foto: Pixabay
Empat rempah-rempah tampak berkhasiat mencegah bahaya dari gumpalan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain menambah cita rasa pada masakan, rempah-rempah juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Dikutip dari laman Express, Rabu (30/11/2022), dokter dari Fox Online Pharmacy, Deborah Lee, memaparkan ada empat rempah-rempah populer yang dikaitkan dengan risiko yang jauh lebih rendah untuk mengalami blood clots di masa depan.

Penggumpalan darah adalah prekursor serangan jantung dan strok jika menyumbat pembuluh darah atau arteri. Walaupun keempat rempah-rempah dapat membantu mengurangi risiko penggumpalan darah, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum mulai meminumnya.

Baca Juga

Sebab, keempat rempah-rempah tersebut juga dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah yang diresepkan dokter, seperti warfarin atau antikoagulan oral lainnya seperti rivaroxaban. Dr Lee juga menyarankan untuk tidak meminumnya bersama ibuprofen dan aspirin. Sebab, obat penghilang rasa sakit itu juga menawarkan efek pengencer darah.

Berikut keempat rempah-rempah yang dapat membantu melarutkan gumpalan darah:

1. Kunyit

Bahan aktif dalam kunyit adalah kurkumin, yang berasal dari bisdemethoxycurcumin (BDMC), ditemukan di akar kunyit. Kedua zat ini memiliki aktivitas antikoagulan (pengencer darah), menurut Dr Lee.

Dalam sebuah studi tahun 2012, kurkumin dan BDMC terbukti secara signifikan memperpanjang APTT dan PT (tes yang mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan darah untuk membeku), dan menghambat trombin (faktor koagulasi) serta FXa (molekul kecil yang menghambat produksi trombin). Tim peneliti menyimpulkan bahwa menikmati kunyit setiap hari dapat membantu mempertahankan status antikoagulan, dengan dosis rempah yang direkomendasikan adalah 500 hingga 2.000 mg per hari.

2. Jahe

"Jahe telah terbukti mengurangi agregasi trombosit (cara trombosit menggumpal membentuk gumpalan darah) pada pasien dengan penyakit arteri koroner," kata Dr Lee.

Studi lebih lanjut telah menunjukkan bahwa senyawa dalam jahe seperti gingerol dan shogaols, dapat menghambat produksi tromboksan, zat yang dikenal untuk merangsang agregasi trombosit. Dosis jahe yang disarankan ialah antara 0,3 hingga lima gram per hari.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA