Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Dokter Ortopedi: Beli Sepatu Baru Baiknya di Sore Hari

Rabu 30 Nov 2022 17:07 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

 Pengunjung memilih sepatu di salah satu pusat perbelanjaan (ilustrasi). Pilihlah sepatu yang nyaman sesuai dengan karakteristik kaki.

Pengunjung memilih sepatu di salah satu pusat perbelanjaan (ilustrasi). Pilihlah sepatu yang nyaman sesuai dengan karakteristik kaki.

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pilih sepatu yang nyaman, bukan sekadar bagus modelnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Alas kaki menjadi salah satu pendukung kegiatan sehari-hari. Agar nyaman sepanjang hari dan tidak menimbulkan masalah kesehatan, pemilihan sepatu atau sandal pun menjadi hal penting.

Menurut dokter spesialis ortopedi dan traumatologi Langga Sintong, pemilihan pemilihan alas kaki tidak bisa disepelekan karena memengaruhi kesehatan. Bahkan, terkadang ada terapi kesehatan yang menawarkan pemilihan alas kaki yang nyaman.

Baca Juga

Dr Langga juga berbagi tips memilih sepatu yang nyaman sesuai karakteristik kaki. Salah satu yang menarik adalah dia menganjurkan membeli sepatu di sore hari. Berikut tips lainnya disampaikannya dalam acara "Skechers World of Comfort" di Jakarta, pekan lalu.

1. Kenali bentuk dan karakteristik kaki

Hal paling pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli sepatu atau sandal adalah mengenali bentuk dan karakteristik kaki. Ingatlah bahwa tiap orang punya bentuk kaki yang berbeda.

"Ada yang tinggi busurnya atau datar jadi harus mengenalinya karena itu menentukan untuk kenyamanan sepatu," kata dr Langga.

2. Tentukan tujuan

Tentukan tujuan pemakaian sepatu, untuk acara kasual, formal, atau olahraga. Untuk berolahraga pun bisa berbagai macam, mulai dari lari, basket, sepak bola, tenis, dan lainnya. Sesuaikan sepatu dengan kebutuhan aktivitas Anda.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA