Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Baznas Raih Empat Penghargaan di Ajang IFA Award

Rabu 30 Nov 2022 17:01 WIB

Red: Christiyaningsih

Baznas berhasil meraih empat penghargaan pada ajang Indonesia Fundraising Award 2022.

Baznas berhasil meraih empat penghargaan pada ajang Indonesia Fundraising Award 2022.

Foto: Baznas
Baznas berhasil meraih empat penghargaan pada ajang Indonesia Fundraising Award 2022

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil meraih empat penghargaan pada ajang Indonesia Fundraising Award 2022 (IFA Award). Empat penghargaan yang diraih Baznas didapat pada kategori Best of The Best Fundraising Digital Terbaik 2022, Best of The Best Inovasi Fundraising Terbaik 2022, The Best of Fundraising Zakat Terbaik 2022, dan The Best of Fundraiser Terbaik 2022.

Untuk kategori The Best of Fundraiser Terbaik 2022 diraih oleh Direktur Layanan dan Promosi Baznas Rulli Kurniawan. Penyerahan penghargaan dilakukan pada acara Panggung Penyerahan IFA Award 2022 di Hotel Arosa, Jakarta, Rabu (30/11/2022). 

Baca Juga

"Alhamdulillah, terima kasih kami haturkan kepada Institut Fundraising Indonesia atas penghargaan yang diberikan. Kami sangat bangga atas apresiasi yang diberikan, semoga penghargaan ini dapat terus memacu kami untuk terus memberikan yang terbaik di tengah masyarakat yang membutuhkan. Penghargaan ini adalah apresiasi bagi seluruh amil Gerakan Zakat Indonesia yang telah bekerja keras, baik di Baznas seluruh Indonesia maupun di LAZ," kata Pimpinan Baznas Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan, Rabu (30/11/2022). 

Rizal menambahkan, motivasi menghimpun untuk lembaga filantropi seperti Baznas adalah keinginan untuk banyak memberi manfaat kepada mustahik. "Tujuan Baznas adalah untuk menyejahterakan umat dan mengentaskan kemiskinan. Jadi, penghimpunan yang maksimal akan menjadi motivasi untuk menebar kebaikan kepada mustahik," kata Rizal.

Menurut Rizal, raihan dalam kategori Best of The Best Fundraising Digital Terbaik 2022 merupakan buah dari upaya Baznas yang terus berupaya memanfaatkan digitalisasi untuk memaksimalkan potensi zakat agar lebih optimal. Baznas terus berupaya memberi kemudahan bagi masyarakat melalui Zakat Online Baznas yang digaungkan dalam beberapa tahun terakhir. 

"Dunia digital terus berkembang dan telah merambah setiap sendi kehidupan masyarakat. Kini masyarakat mengubah transaksi di banyak sektor, termasuk dalam pembayaran zakat. Tren baru ini tentu menuntut lembaga zakat untuk beradaptasi dan Baznas siap beradaptasi," kata Rizal. 

Selain itu, beragam inovasi juga terus dilakukan Baznas dalam mengelola dan mengumpulkan dana zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan masyarakat yakni kampanye atau ajakan zakat yang masif, pelayanan pembayaran, dan pembukaan kanal donasi. Melalui inovasi layanan, penghimpunan dana ZIS dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) terus mengalami peningkatan signifikan. 

"Inovasi yang dilakukan Baznas diimbangi dengan prinsip 3A yang digenggam Baznas yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI. Berbekal prinsip itu, kami berfokus pada menjaga kepercayaan publik dengan transparansi dan akuntabilitas. Hal ini berimbas pada meningkatnya pengumpulan dan semakin banyak mustahik yang terbantu melalui program produktif Baznas," katanya.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Capaian ini akan sangat memotivasi kami untuk terus menebarkan manfaat dan kebaikan zakat untuk membantu sesama," pungkasnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA