Rabu , 30 Nov 2022, 12:04 WIB

Van Gaal Marah Jurnalis Anggap Remeh Keberhasilan Belanda

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi / Red: Israr Itah
Pelatih kepala Belanda Louis van Gaal
Foto AP/Natacha Pisarenko

Pelatih kepala Belanda Louis van Gaal

Belanda lolos ke 16 besar sebagai juara Grup A Piala Dunia 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Belanda Louis Van Gaal bertengkar dengan wartawan Belanda setelah mereka mengatakan kemenangan 2-0 Oranje atas Qatar pada matchday ketiga Grup A Piala Dunia 2022, Selasa (29/11/2022) malam WIB terlalu membosankan. Meskipun itu membuat Belanda mengamankan posisi teratas di Grup A.

"Kami masuk ke fase berikutnya, bagian terpenting turnamen, dengan positif. Kami melakukan apa yang perlu kami lakukan. Kami juara grup," kata Van Gaal dalam konferensi pers, Rabu (30/11/2022), dikutip Reuters.

Baca Juga

Ketika satu demi satu reporter mengkritik kinerja Belanda termasuk saat melawan Qatar, tim yang bermain di Piala Dunia pertama mereka hanya karena menjadi tuan rumah turnamen. Mantan manajer Manchester United dan Barcelona membalas.

"Yah, itu mengecewakan, tapi saya tidak setuju dengan Anda. Saya pikir semua orang akan bangga untuk melaju ke babak berikutnya. Saya pikir semuanya tidak seburuk yang Anda katakan," kata Van Gaal.

Belanda memberikan Qatar kekalahan ketiga dan terakhir mereka di turnamen ketika Cody Gakpo mencetak gol ketiganya dalam banyak pertandingan dengan drive rendah pada babak pertama. Frenkie de Jong memanfaatkan bola dari jarak dekat empat menit setelah babak kedua dimulai untuk memperbesar keunggulan Belanda.

Van Gaal mengatakan, Gakpo yang bermain untuk PSV Eindhoven, memiliki potensi untuk menjadi pemain yang sangat hebat. Ia sedang belajar bermain dalam peran menyerang yang lebih sentral daripada preferensi awalnya di sebelah kiri.

Namun Van Gaal memilih menyoroti peran Memphis Depay dan Marten de Roon yang ia masukkan ke dalam skuadnya untuk Piala Dunia meski belum sepenuhnya fit saat pengumuman. Kedua pemain menjadi starter dalam kemenangan melawan Qatar. "Saya sangat senang saya mengambil keputusan itu karena keduanya bisa bermain sekarang," katanya.

Belanda menyelesaikan grup dengan tujuh poin dan menunggu hasil pertandingan Grup B untuk menemukan identitas lawan babak 16 besar mereka pada Sabtu. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
piala dunia piala dunia qatar piala dunia 2022 piala dunia fifa piala dunia qatar 2022 belanda belanda vs qatar 16 besar piala dunia louis van gaal
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya