Rabu , 30 Nov 2022, 11:32 WIB

Sejarah di Piala Dunia, Tim Wasit Perempuan akan Pimpin Pertandingan Jerman vs Kosta Rika

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi / Red: Israr Itah
Wasit perempuan asal Prancis Stephanie Frappart akan memimpin laga Jerman vs Kosta Rika di Piala Dunia 2022.
Foto EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO

Wasit perempuan asal Prancis Stephanie Frappart akan memimpin laga Jerman vs Kosta Rika di Piala Dunia 2022.

Stephanie Frappart akan menjadi wasit wanita pertama di Piala Dunia pria.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertandingan antara Kosta Rika melawan Jerman pada matchday terakhir Grup E Piala Dunia 2022 pada Jumat (2/12/2022) dini hari WIB akan menciptakan sejarah baru. Untuk pertama kalinya, pertandingan Piala Dunia dipimpin oleh tim wasit yang semuanya terdiri dari perempuan. Stephanie Frappart akan menjadi wasit wanita pertama di Piala Dunia pria.

Perempuan asal Prancis itu menjadi ofisial wanita pertama di turnamen tersebut ketika dia dinobatkan sebagai ofisial keempat untuk pertandingan Meksiko dan Polandia pada Selasa (22/11/2022). "Kami tahu tekanannya," kata Frappart kepada BBC Sport sebelum turnamen. "Namun saya pikir kami tidak akan mengubah diri kami sendiri. Tenang, fokus, konsentrasi, dan jangan terlalu memikirkan media dan segalanya, fokus saja di lapangan," tegasnya. 

Baca Juga

Frappart akan bergabung dengan Neuza Back dari Brasil dan Karen Diaz Medina dari Meksiko di Stadion Al Bayt pada Jumat nanti. Ia mengatakan sejauh ini tidak ada komentar dari pemain, manajer, atau penggemar karena dia seorang wanita.

"Sejak saya mulai, saya selalu didukung oleh tim, klub, dan pemain. Saya selalu disambut di stadion jadi saya merasa seperti wasit lain di dalam lapangan. Saya selalu diterima, jadi saya pikir saya akan diterima seperti sebelumnya," ujarnya.

Dia menjadi wanita pertama yang menjadi wasit pertandingan Liga Champions pria pada tahun 2020. Wanita berusia 38 tahun itu juga menjadi perempuan pertama yang memimpin pertandingan di kompetisi UEFA utama pria saat Liverpool dan Chelsea bertemu di Piala Super Eropa 2019.

Tiga perempuan, Frappart, Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang, termasuk di antara 36 ofisial yang dipilih untuk memimpin pertandingan di Qatar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
piala dunia piala dunia qatar piala dunia 2022 piala dunia fifa piala dunia qatar 2022 wasit di piala dunia wasit perempuan di piala dunia stephanie frappart jerman kosta rika kosta rika vs jerman world cup 2022 timnas jerman timnas kosta rika
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya