Rabu 30 Nov 2022 00:05 WIB

Livescore Piala Dunia: Senegal Dampingi Belanda Lolos ke 16 Besar Usai Bekap Ekuador

Senegal mengalahkan Ekuador 2-1 untuk finis sebagai runner-up Grup A.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Kalidou Koulibaly dari Senegal, kanan, merayakan dengan rekan setimnya mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Ekuador dan Senegal, di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Selasa, 29 November 2022.
Foto: AP/Francisco Seco
Kalidou Koulibaly dari Senegal, kanan, merayakan dengan rekan setimnya mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Ekuador dan Senegal, di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Selasa, 29 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Senegal mendampingi Belanda lolos mewakili Grup A pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Dalam pertandingan terakhir penyisihan grup, Senegal mengalahkan Ekuador 2-1 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Selasa (29/11/2022) malam WIB. Kemenangan ini menempatkan Senegal sebagai runner-up Grup A dengan nilai enam, terpaut satu angka dari Belanda yang menjadi pemuncak. 

Sebagai runner-up Grup A, Senegal akan menanti juara Grup B di 16 besar. Saat ini persaingan di Grup B masih sengit, dengan Inggris memuncaki klasemen.

Baca Juga

Baru tiga menit pertandingan berjalan, Lions of Teranga langsung menebar ancaman. Idrissa Gueye mendapat ruang tembak untuk melepaskan tembakan. Upaya Gueye meleceng tipis dari target.

Wakil Afrika ini seolah mendapat angin segar. Mereka terus menekan. Lima menit kemudian, giliran Boulaye Dia yang mendapatkan peluang.

Hingga setengah jam berlalu, belum ada perubahan di papan skor. Senegal lebih berinisiatif untuk memegang kendali. Ekuador nampak berhati-hati dalam membangun serangan.

Permainan sedikit monoton di sisa beberapa menit menuju akhir waktu normal babak pertama. Terjadi banyak perebutan bola di lini tengah. Pada menit ke-38, Kubu Lions of Teranga kembali memiliki peluang.

Kali ini melalui aksi Ismaila Sarr. Ia melakukan penetrasi memasuki area pertahanan lawan. Pergerakan penyerang sayap asal klub Watford itu bisa diredam bek La Tricolor.

Terus menekan, Senegal akhirnya mendapat kesempatan untuk memimpin. Ismaila Sarr dijatuhkan di area terlarang pada menit ke-42. Wasit menunjuk titik putih.

Sarr sendiri yang menjadi algojo, dua menit kemudian. Sepakanya menembus jala Ekuador. Skor 1-0 untuk keunggulan anak asuh Aliou Cisse bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Ekuador langsung tancap gas. Wakil Amerika Selatan meningkatkan agresivitasnya. Mereka tak memiliki pilihan lain.

Skuad polesan Gustavo Alvaro harus mencari gol penyeimbang. Pada menit ke-57, Penyerang La Tri, Michael Estrada menebar ancaman. Sundulan sosok bernomor punggu 11 itu melenceng tipis di samping kiri gawang Edouard Mendy.

Terus menekan, Ekuador akhirnya menyamakan kedudukan. Berawal dari situasi sepak pojok, Moises Caicedo berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-68. Sepakan jarak dekatnya, merobek jala Mendy.

Senegal langsung merespons. Dua menit berselang Lions of Teranga kembali memimpin. Kali ini melalui upaya Koulibaly. Ia menyambar sapuan bola tak sempurna pemain Ekuador dalam bertahan dari tendangan bebas Senegal untuk menjebol gawang La Tricolor.

Jual beli serangan kembali terlihat. La Tricolor mencoba mengurung pertahanan Senegal. Namun dalam sisa waktu tak ada penambahan gol. Skor 2-1 untuk juara Afrika bertahan hingga laga usai yang memastikan mereka finis sebagai runner-up.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement