Rabu , 30 Nov 2022, 00:02 WIB

Livescore Piala Dunia: Kalahkan Qatar, Belanda Juarai Grup A

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Israr Itah
Frankie de Jong dari Belanda, merayakan bersama rekan setimnya setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Belanda dan Qatar, di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Selasa, 29 November 2022.
Foto AP/Darko Bandic

Frankie de Jong dari Belanda, merayakan bersama rekan setimnya setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Belanda dan Qatar, di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Selasa, 29 November 2022.

Dua gol kemenangan Belanda atas Qatar dicetak Cody Gakpo dan Frenkie de Jong.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Belanda menuntaskan pertandingan Grup A Piala Dunia 2022 dengan kemenangan. De Oranje menaklukkan Qatar 2-0 di Stadion Al Bayt, Selasa (29/11/2022) malam WIB untuk finis sebagai juara Grup A dengan nilai tujuh. Sementara Qatar menempati juru kunci dengan tanpa memetik satu poin pun.

Belanda lolos ke babak 16 besar didampingi oleh Senegal. Dalam laga lainnya yang berlangsung bersamaan, Senegal mengalahkan Ekuador 2-1 untuk finis sebagai runner-up dengan nilai enam.

Baca Juga

Sebagai juara Grup A, Belanda akan menanti runner-up Grup B di 16 besar. Saat ini persaingan di Grup B masih sengit, dengan Inggris memuncaki klasemen dan Iran di posisi kedua.

Diunggulkan untuk bisa memetik poin penuh pada laga ini, Belanda langsung menekan pertahanan tim tuan rumah. Sebuah umpan lambung Virgil van Dijk ke kotak penalti Qatar membuka serangan Tim Oranje. Namun, Memphis Depay gagal menjangkau bola umpan lambung Van Dik tersebut. 

Upaya The Maroons, julukan Qatar, untuk mencoba keluar dari tekanan Belanda masih berujung pada kegagalan. Para pemain Belanda terbukti lebih unggul, tidak hanya soal kualitas individu, tapi juga dalam menjaga struktur permainan, dibanding para penggawa Qatar. 

Gol perdana di laga ini akhirnya benar-benar menjadi milik Belanda. Cody Gakpo mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-26. Sempat melakukan umpan satu-dua dengan Davy Klaassen, Gakpo merangsek ke dalam kotak penalti sebelum melepaskan tendangan terarah ke sisi kiri gawang Qatar. Dua pemain bertahan Qatar terlambat menghalau upaya Gakpo dalam melepaskan tembakan. 

Gol ini menjadi gol ketiga pemain berusia 23 tahun itu di pentas Piala Dunia 2022. Winger PSV Eindhoven itu tidak pernah absen mencetak gol di tiga laga yang telah dilakoni Belanda di gelaran Qatar 2022. Catatan ini sekaligus mengantarkan Gakpo menjadi pemain keempat Belanda yang mampu mencetak gol di tiga laga Piala Dunia secara beruntun. Gakpo berbagi tempat dengan Johan Neskeens, Dennis Bergkamp, dan Wesley Sneijder. 

Qatar langsung berusaha membalas. Meski beberapa kali mampu mengalirkan bola hingga kotak penalti Tim Oranje, tim besutan Felix Sanchez itu belum mampu menyelesaikan peluang-peluang tersebut lantaran masih digagalkan barisan pertahanan Belanda.

Empat menit emasuki babak kedua,  Belanda sudah menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Frenkie de Jong yang merobek gawang tim tuan rumah. Berawal dari sundulan salah satu pemain bertahan Qatar saat menghalau umpan lambung Klaassen, bola berhasil dikuasai Depay yang berada di tiang jauh.

Depay kemudian melepaskan sepakan keras dari jarak dekat, tapi masih bisa dihalau kiper Qatar, Meshaal Barsham. Namun, Barshaam tidak bisa berbuat apa-apa saat bola pantulan itu disambar dengan cepat oleh De Jong tepat di mulut gawang The Maroons.

Baca juga : Brand Lokal Indonesia Pegang Lisensi Produk Piala Dunia 2022

Pada menit ke-69, Belanda sebenarnya bisa mencetak gol. Vincent Janssen, yang masuk sebagai pemain pengganti, memanfaatkan sodoran umpan dari Steve Berghuis, yang juga tampil sebagai pemain pengganti. Namun, wasit menganulir gol ini setelah melakukan review VAR. Gakpo diketahui handball dalam proses terjadinya gol tersebut.

Saat laga mulai menginjak 10 menit akhir, Qatar mendapatkan dua peluang emas, termasuk lewat upaya Mohamed Muntari. Namun, peluang itu berujung pada performa apik Andries Noppert di bawah mistar gawang tim besutan Louis van Gaal tersebut. Skor, 2-0, untuk kemenangan Belanda akhirnya bertahan hingga laga usai. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
piala dunia piala dunia qatar piala dunia 2022 piala dunia fifa piala dunia qatar 2022 belanda belanda vs qatar cody gakpo frenkie de jong world cup 2022 timnas belanda timnas qatar
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya