Selasa 29 Nov 2022 22:54 WIB

Livescore Piala Dunia: Babak Pertama, Gakpo Bawa Belanda Ungguli Qatar 1-0

Gol pembuka skor Belanda ke gawang Qatar dicetak Cody Gakpo.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Cody Gakpo dari Belanda, kiri, merayakan setelah mencetak gol pembuka timnya selama pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Belanda dan Qatar, di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Selasa, 29 November 2022.
Foto: AP/Moises Castillo
Cody Gakpo dari Belanda, kiri, merayakan setelah mencetak gol pembuka timnya selama pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Belanda dan Qatar, di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Selasa, 29 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, AL KHOR -- Belanda menutup babak pertama laga pamungkas penyisihan Grup A dengan keunggulan 1-0 atas Qatar, Selasa (29/11/2022) malam WIB. Keunggulan Belanda dalam laga di Stadion Al Bayt, Al Khor, ini dicatatkan oleh Cody Gakpo. 

Diunggulkan untuk bisa memetik poin penuh di laga ini, Belanda langsung menekan pertahanan tim tuan rumah. Sebuah umpan lambung Virgil van Dijk ke kotak penalti Qatar membuka serangan Tim Oranje. Namun, Memphis Depay gagal menjangkau bola umpan lambung Van Dik tersebut. 

Baca Juga

Upaya The Maroons, julukan Qatar, untuk mencoba keluar dari tekanan Belanda masih berujung pada kegagalan. Para pemain Belanda terbukti lebih unggul, tidak hanya soal kualitas individu, tapi juga dalam menjaga struktur permainan, dibanding para penggawa Qatar. 

Gol perdana di laga ini akhirnya benar-benar menjadi milik Belanda. Cody Gakpo mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-26. Sempat melakukan umpan satu-dua dengan Davy Klaassen, Gakpo merangsek ke dalam kotak penalti sebelum melepaskan tendangan terarah ke sisi kiri gawang Qatar. Dua pemain bertahan Qatar terlambat menghalau upaya Gakpo dalam melepaskan tembakan. 

Gol ini menjadi gol ketiga pemain berusia 23 tahun itu di pentas Piala Dunia 2022. Winger PSV Eindhoven itu tidak pernah absen mencetak gol di tiga laga yang telah dilakoni Belanda di gelaran Qatar 2022. Catatan ini sekaligus mengantarkan Gakpo menjadi pemain keempat Belanda yang mampu mencetak gol di tiga laga Piala Dunia secara beruntun. Gakpo berbagi tempat dengan Johan Neskeens, Dennis Bergkamp, dan Wesley Sneijder. 

Qatar langsung berusaha membalas. Meski beberapa kali mampu mengalirkan bola hingga kotak penalti Tim Oranje, tim besutan Felix Sanchez itu belum mampu menyelesaikan peluang-peluang tersebut lantaran masih digagalkan barisan pertahanan Belanda. 

Hingga babak pertama usai, termasuk tiga menit masa injury time, Belanda mampu mempertahankan keunggulan satu gol atas Qatar. Tim Oranje untuk sementara memantapkan posisi di puncak klasemen sementara Grup A dengan raihan tujuh poin, unggul satu poin dari Senegal, yang menutup babak pertama dengan keunggulan, 1-0, atas Ekuador di laga lainnya. 

Daftar Susunan pemain

Belanda (3-4-1-2) 

Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil Van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten de Roon, Frenkie De Jong, Daley Blind; Davy; Cody Gakpo, Memphis Depay 

Pelatih: Louis van Gaal 

Qatar (5-3-2) 

Meshaal Barsham; Homam Ahmed, Abdelkarim Hassan, Boualem Khoukhi, Pedro Miguel, Ismail Mohammad; Homam Hatem, Assim Madibo, Hassan Al-Haydos, Akram Afif, Almoez Ali

Pelatih: Felix Sanchez 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement