Friday, 12 Rajab 1444 / 03 February 2023

Private Business Coaching Jadi Cara Tingkatkan Performa Bisnis

Selasa 29 Nov 2022 18:40 WIB

Red: Muhammad Akbar

ilustrasi private business coaching

ilustrasi private business coaching

Foto: istimewa
tujuannya agar bisnis mencapai sukses dengan hasil yang maksimal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pernah mendengar Private Business Coaching? Itu adalah pelatihan bisnis secara personal atau private dari para ahli, bagi perusahaan dan para pengusaha atau orang-orang yang memiliki perusahaan, dengan tujuan agar bisnis mencapai sukses dengan hasil yang maksimal.

Menurut Coach Yusman, yang sudah lebih dari 15 tahun berpengalaman dalam bidang business coaching, coaching itu tidak sama dengan diskusi atau seminar bisnis. Biasanya kalau seminar itu diikuti banyak orang, maka business coaching biasanya hanya diikuti 1-4 orang yang memang merupakan owner atau direktur dari satu perusahaan yang sama.

 

"Dalam program coaching, secara berkala saya datang ke tempat client untuk langsung mengevaluasi, langsung melihat apa yang terjadi dengan tempat bisnis mereka dan langsung coaching mereka di sana,” kata pria lulusan Curtin University, Perth, Australia, ini di Jakarta, Selasa (29/11).

Dalam private business coaching ini, kata Yusman, segala persoalan bisnis dibahas dan diselesaikan secara personal dengan bantuan seseorang yang disebut coach. “Mulai dari masalah manajemen yang belum profesional, masalah karyawan, masalah sistem yang belum ada atau belum berjalan dengan baik, masalah keuangan, strategi untuk ekspansi usaha, menghadapi masalah internal sehingga sulit berkembang, dan lainnya,” tuturnya.


Yusman mengatakan proses coaching ini membutuhkan waktu minimal satu tahun. Untuk pertemuannya, kata dia, intens dilakukan hampir setiap minggu dan lamanya program ini bisa lebih dari satu tahun. Bahkan, ada pengusaha yang coaching selama 2 tahun, 3 tahun bahkan ada yang sampai 8 tahun lebih.

 

“Di luar sana mungkin banyak coach yang menawarkan coaching dengan waktu yang relatif lebih singkat. Satu kali, dua kali atau hanya satu sampai dua bulan saja. Tapi, bagi saya, hal tersebut bukanlah coaching, melainkan hanya diskusi bisnis,” ujarnya.

 

Sampai sekarang ini, Yusman mengaku sudah meng-coaching lebih dari  250 perusahaan dengan hasil yang sangat memuaskan. Ia juga sudah dikenal sebagai Top 50 Coach terbaik di dunia sejak 2016 sampai sekarang.  

Menurut Yusman, program coaching dirancang khusus untuk masalah bisnis client dan target apa yang ingin dicapai dalam bisnis. Materi ini berbeda untuk setiap pengusaha, dilihat dari model bisnis, besaran bisnis dan struktur bisnis yang tentunya berbeda-beda.

 

Terkait hal tersebut, ada tiga hal penting yang perlu anda tahu tentang program coaching. Pertama, ide plus strategi bisnis plus implementasi. Kedua,  apa yang kurang di bisnis client seperti marketing dan sales, operasional dan manajemen hingga masalah keuangan.

“Ketiga, pertemuan Private Coaching yaitu pertemuan satu lawan satu. Hanya owner yang bertatap muka sehingga dapat dibahas detail bisnis secara menyeluruh,” paparnya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA