Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Waspada! Terlalu Sering Duduk Bisa Menyebabkan Inkontinensia Urine

Selasa 29 Nov 2022 17:56 WIB

Red: Sandy Ferdiana

  Sekitar 25-35% orang dewasa akhir akan mengalami inkontinensia urine

Sekitar 25-35% orang dewasa akhir akan mengalami inkontinensia urine

Foto: Istimewa
Inkontinensia Urine berpeluang dialami orang dewasa akhir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Semakin bertambahnya usia, seringkali lansia mudah lelah hingga mengalami berbagai macam resiko terkena penyakit, seperti salah satunya jenis inkontinensia urine yang tidak disadari sering dijumpai pada lanjut usia. Inkontinensia urine merupakan ketidakmampuan seseorang untuk menahan keluarnya urine.

Sekitar 25-35 persen orang dewasa akhir akan mengalami inkontinensia urine di dalam hidup mereka. Seringnya buang air kecil yang tidak disadari dapat menyebabkan daerah intim rentan timbulnya jamur candida albians, sehingga menjadi lembab, gatal dan berbau tidak enak. Tentu, hal ini dapat menyebabkan kualitas hidup menurun.

Semakin bertambahnya usia, lansia yang jarang beraktivitas dan berolahraga dapat menyebabkan beberapa resiko penyakit, hingga melemahnya otot perut hingga dasar panggul. Duduk dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan sakit leher dan tulang belakang.

Hal ini disebabkan duduk dalam waktu lama dapat menimbulkan risiko pada ginjal yang menjadi penyebab sering buang air kecil. Karena tidak adanya aktivitas fisik dapat mengendalikan tekanan darah dan metabolisme glukosa yang menjadi dua faktor yang berhubungan dengan ginjal.

fnMw8rlitF0

Seperti yang dialami oleh para lansia yang dalam kondisi tirah baring, duduk terlalu lama dapat mengurangi aktivitas otot khususnya otot besar pada kaki dan punggung. Hal ini menurunkan kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah dan mengenyahkan lemak-lemak berbahaya dalam darah.

Menurut dr Madhuri Reddy dari Hebrew Rehabilititation Center Boston AS, untuk menghindari terjadinya luka baring atau luka duduk pada lansia harus memperhatikan kebersihan pasien dengan selalu mengganti seprai dan selimut, agar bakteri dan jamur yang dapat memicu kerusakan kulit tidak berkembang di tempat pasien berbaring.

Untuk lansia dengan kondisi tirah baring, Anda juga perlu memastikan pengunaan pad dewasa dengan perekat seperti Confidence Classic Day untuk siang hari dan Confidence Classic Night untuk malam hari. Dengan diamond technology core atau permukaan bermotif berlian dapat menyerap cairan ekstra cepat sehingga tidak perlu takut bocor. Untuk Confidence Classic Night memiliki ekstrak aloe vera cocok untuk kulit sensitif Kesayangan.

Brand Group Manager Confidence Adult Diapers, Amelia Christine menyebut, Confidence Classic Day dan Classic Night memiliki daya serap hingga 6x lebih banyak. Selain itu, tersedia juga Confidence Premium Night dimana permukaannya selembut kain sehingga menghadirkan sensasi premium bagi Kesayangan.

“Berikan Confidence Classic Day dua popok di siang hari dan Confidence Classic Night atau Confidence Premium Night satu popok di malam hari agar Kesayangan bisa nyaman selama 24 jam,” tutup Amelia.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA