Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Dua Lipa Dianugerahi Kewarganegaraan Kehormatan Albania

Selasa 29 Nov 2022 17:23 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Dua Lipa dianggap mengharumkan nama Albania melalui karya-karyanya.

Dua Lipa dianggap mengharumkan nama Albania melalui karya-karyanya.

Foto: EPA
Dua Lipa dianggap mengharumkan nama Albania melalui karya-karyanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Albania Bajram Begaj memberikan kewarganegaraan kehormatan untuk penyanyi asal Inggris, Dua Lipa. Anugerah tersebut diberikan karena Lipa membuat negara Albania lebih dikenal di tingkat internasional melalui karya-karyanya.

Meski lahir di Inggris, kedua orang tua Lipa merupakan imigran asal Albania. Menurut Begaj, talenta musik dan kontribusi Lipa terhadap budaya Albania merupakan hal yang sangat membanggakan.

Baca Juga

"Dia telah membuat kami bangga dengan karier global dan keterlibatannya dalam berbagai isu sosial penting," jelas Begaj melalui akun Twitter pribadinya, seperti dilansir Entertainment Weekly, Selasa (29/11/2022).

Penyanyi yang pernah memenangkan Grammy ini juga mengekspresikan rasa terima kasihnya kepada Begaj dan juga walikota Tirana, Erin Veliaj. Ungkapan syukur tersebut Lipa ekspresikan melalui sebuah foto yang dia unggah di akun Instagram pribadinya. Dalam foto tersebut, Lipa tampak tersenyum seraya memegang dokumen kewarganegaraan kehormatan yang dia terima.

"Ini merupakan sebuah kegembiraan besar yang tak terlukiskan," ujar Lipa.

Walaupun lahir dan tumbuh besar di Inggris, bahasa pertama Lipa adalah bahasa Albania. Setelah bermigrasi ke Inggris, kedua orang tua Lipa masih memendam keinginan untuk kembali ke negara asal mereka. Oleh karena itu, keluarga Lipa kembali berpindah ke Kosovo saat Lipa berusia 11 tahun.

Kepindahan tersebut merupakan hal yang tak mudah bagi Lipa kala itu. Akan tetapi, dia bersyukur bisa mendapatkan pengalaman tersebut.

"Karena itu benar-benar membantu saya menjadi diri saya," lanjut Lipa.

Lipa tinggal di Kosovo hingga menginjak usia 15 tahun. Selama tinggal di sana, Lipa jatuh hati terhadap musik. Agar bisa lebih mengembangkan minatnya pada musik, Lipa merasa dirinya harus kembali pindah ke London, Inggris.

"Itu adalah sesuatu yang saya rasa saya perlu lakukan dan saya merasa perlu ada di situ," ungkap Lipa.

Dorongan hati tersebut kini telah terbukti. Penyanyi "Levitating" tersebut berhasil mencetak banyak lagu hits dan bahkan memenangkan penghargaan musik bergengsi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA