Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Kolo Toure Jadi Pelatih Wigan

Selasa 29 Nov 2022 17:15 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Kolo Toure, pelatih baru WIgan Athletic

Kolo Toure, pelatih baru WIgan Athletic

Foto: EPA-EFE/Michael Regan
Kolo Toure akan mendapat kontrak tiga setengah tahun ke depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wigan Athletic telah menunjuk mantan bek Arsenal dan Manchester City Kolo Toure sebagai manajer baru mereka. Berdasarkan pernyataan tim kontestan Divisi Championship Inggris tersebut, Toure akan mendapat kontrak tiga setengah tahun ke depan.

Toure, yang membuat 353 penampilan di Liga Primer untuk Arsenal, City, dan Liverpool antara tahun 2002-2016, sebelumnya menjadi bagian dari tim kepelatihan di Leicester City dan klub Skotlandia Celtic di bawah Brendan Rodgers.

Baca Juga

Mantan pemain internasional Pantai Gading berusia 41 tahun itu menggantikan Leam Richardson, yang dipecat awal bulan ini karena klub jatuh ke zona degradasi setelah enam kekalahan dalam tujuh pertandingan.

"Kami senang Kolo menjadi manajer baru Klub Sepak Bola Wigan Athletic dan dewan senang dia orang yang membawa kami maju," kata kepala eksekutif klub, Malachy Brannigan, dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters, Selasa (29/11/2022).

Ia mengatakan, Wigan menerima pelamar berkaliber tinggi untuk pekerjaan manajer dalam beberapa pekan terakhir. Namun, dalam proses perekrutan, manajemen berupaya sangat teliti demi mencari orang yang tepat untuk peran itu.

"Dari percakapan paling awal yang kami lakukan dengan Kolo, terbukti bagi kami bahwa dia langsung memahami nilai-nilai klub. Dengan antusiasme, pengetahuan, dan keinginan besar untuk bekerja dan menjadi bagian dari Wigan Athletic yang bersinar sepanjang proses," jelasnya.

Wigan menghabiskan delapan musim di Liga Primer sebelum terdegradasi pada 2013, tahun yang sama ketika mereka memenangkan Piala FA.

Mereka telah berjuang di Divisi Championship musim ini dan duduk di posisi ke-22 setelah 21 pertandingan. Mereka selanjutnya melawan Millwall pada 10 Desember 2022.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA