Selasa 29 Nov 2022 11:26 WIB

Alasan Pelatih Uruguay Enggan Tempatkan Valverde di Posisi Winger

Menurut Alonso, kontribusi Valverde akan lebih terasa di lini tengah.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang timnas Uruguay, Federico Valverde.
Foto: AP/Martin Meissner
Gelandang timnas Uruguay, Federico Valverde.

REPUBLIKA.CO.ID, LUSAIL -- Uruguay tercatat belum mencetak gol satu pun di pentas Piala Dunia 2022. Di laga kedua di Qatar 2022, La Celeste harus mengakui keunggulan Portugal, 0-2, tepatnya di laga keempat penyisihan Grup H, Senin (29/11/2022) dini hari WIB.

Dengan hasil ini, Uruguay terpuruk di dasar klasemen sementara Grup H lantaran kalah jumlah selisih gol dari Korea Selatan. Tidak hanya belum meraih satu pun kemenangan, Uruguay juga belum berhasil mencetak satu gol pun di Qatar 2022.

Baca Juga

Padahal, Uruguay telah diperkuat dua penyerang veteran, Luis Suarez dan Edinson Cavani. Pun dengan kehadiran penyerang Liverpool, Darwin Nunez.

Tidak hanya itu, Uruguay sebenarnya juga memiliki pemain yang mampu memecah kebuntuan dari lini tengah, yaitu Federico Valverde. Pada musim ini, Valverde mampu tampil begitu tajam dengan koleksi delapan gol dari 20 penampilan di semua ajang.

Kondisi ini tidak terlepas dari perubahan posisi bermain gelandang berusia 24 tahun. Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, kerap menempatkan Valverde di posisi winger kanan. Namun, di timnas Uruguay, baik di Piala Dunia 2022 ataupun di babak kualifikasi, Valverde selalu ditempatkan di posisi aslinya, sebagai gelandang tengah.

Valverde diduetkan dengan gelandang Tottenham Hotspur, Rodrigo Bentancur, dalam mengawal keseimbangan permainan Uruguay di lapangan tengah. Pelatih Uruguay, Diego Alonso, mengaku tidak tertarik untuk mengubah posisi bermain Valverde tersebut.

Menurut Alonso, kontribusi Valverde akan lebih terasa di lini tengah, ketimbang dipercaya menempati satu posisi di lini tengah.

''Mungkin, dia bisa bermain sedikit ke depan. Namun, saya rasa, kemampuan terbaiknya adalah bermain di lapangan tengah. Bersama tim ini, dia telah menunjukkan performa cukup bagus di posisi tersebut,'' kata Alonso seperti dikutip Xinhua, Senin (29/11/2022).

Selain itu, pelatih berusia 47 tahun itu juga mengaku sudah memberikan kebebasan buat Valverde dalam membantu serangan Uruguay. Valverde pun sudah menunjukkan kemampuan tersebut saat melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti di laga kontra Korea Selatan. Sayangnya, bola sepakan Valverde itu masih membentur mistar gawang.

''Buat kami, dia adalah pemain penting dengan berbagai talenta. Saat tim ini bisa tampil lebih baik, saya yakin, permainan dia akan juga semakin bersinar. Dia hanya belum beruntung dalam usaha untuk bisa membantu mencetak gol,'' kata Alonso.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement