Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Arab Saudi Luncurkan Situs Permohonan Kompensasi Banjir Jeddah

Selasa 29 Nov 2022 10:28 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Tangkapan layar platform medsos Twitter menunjukkan umpukan mobil terbawa arus air saat banjir bandang melanda Jeddah. Arab Saudi Luncurkan Situs Permohonan Kompensasi Banjir Jeddah

Tangkapan layar platform medsos Twitter menunjukkan umpukan mobil terbawa arus air saat banjir bandang melanda Jeddah. Arab Saudi Luncurkan Situs Permohonan Kompensasi Banjir Jeddah

Foto: Twitter
Kompensasi banjir Jeddah akan ditetapkan oleh komite yang disetujui oleh negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil Arab Saudi mengumumkan peluncuran sebuah situs web. Situs ini berfungsi menerima permintaan kompensasi, bagi mereka yang terkena dampak hujan lebat dan banjir Jeddah Kamis (24/11/2022).

Direktorat mengatakan aplikasi dan dokumen terkait harus diunggah melalui situs web di tautan berikut: https://my.998.gov.sa/damagereport/. Dilansir di Saudi Gazette, Selasa (29/11/2022), Pertahanan Sipil mencatat masyarakat yang terdampak tidak perlu mengunjungi markas direktorat untuk hal yang sama.

Baca Juga

Seorang sumber dari kantor wali kota Jeddah beberapa hari yang lalu mengungkapkan, pihaknya akan mengadopsi mekanisme yang sama yang dikembangkan setelah banjir dahsyat November 2009, untuk membayar kompensasi bagi para korban hujan lebat dan banjir di Jeddah.

Juru bicara wali kota, Muhammad Al-Baqami, menyatakan seseorang yang terkena dampak hujan berhak mendapatkan ganti rugi melalui polis asuransi jika mencakup pertanggungan menyeluruh atas kerusakan akibat bencana alam, termasuk hujan, setelah kasusnya didaftarkan oleh pihak yang berwenang.

Kompensasi akan ditetapkan oleh komite yang disetujui oleh negara, menurut Pasal 27 Undang-Undang Dasar Pemerintahan, yang mengatur negara menjamin hak-hak warga negara dan keluarganya dalam keadaan darurat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA