Selasa 29 Nov 2022 10:04 WIB

Statistik Penting Jelang Laga Wales Vs Inggris

Timnas Inggris mengalahkan Wales dalam enam pertemuan terakhir.

Para pemain timnas Inggris menjalani latihan di Doha, Qatar, Rabu (16/11/2022).
Foto: Twitter @england
Para pemain timnas Inggris menjalani latihan di Doha, Qatar, Rabu (16/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wales kemungkinan besar gagal mencapai 16 besar Piala Dunia 2022 karena lawan terakhirnya dalam Grup B adalah Inggris yang hanya membutuhkan hasil seri dalam laga yang disebut sebagai Battle of Britain, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB.

Wales menduduki urutan buncit dalam Grup B dengan satu poin atau tiga poin di bawah Inggris, dan masing-masing berselisih satu serta dua poin di bawah Iran dan Amerika Serikat.

Baca Juga

Jika Inggris mendapatkan satu poin saja dari laga melawan Wales, dan saat bersamaan salah satu dari Iran atau Amerika Serikat memenangkan pertandingan, maka Wales otomatis pulang lebih awal dari Qatar.

64 tahun lamanya Wales menunggu masuk kembali putaran final Piala Dunia, tetapi setelah gawangnya dua kali dibobol oleh Iran pekan lalu, sepertinya tim ini hanya tinggal sebentar lagi berada di Qatar.

Kekalahan terakhir itu membuat Wales tersungkur di dasar Grup B dan wajib mengalahkan Inggris yang hanya pernah 14 kali dikalahkan Wales dari total 104 pertemuan di antara keduanya sejak 1879.

Bahkan kemenangan mungkin tak cukup menyelamatkan Wales karena masih membutuhkan akhir seri dalam pertandingan Iran melawan Amerika Serikat.

Wales tak perlu semua skenario itu agar bisa masuk 16 besar jika menang dengan selisih empat gol, yang mana nyaris mustahil didapatkan dari lawan setangguh Inggris.

Dilansir dari Antara, berikut statistik kedua tim menjelang laga:

- Inggris dan Wales sudah berhadapan 103 kali sejak 1879. Inggris menang 68 kali, sedangkan Wales menang 14 kali.

- Terakhir kedua tim bertemu pada Oktober 2020 dalam laga persahabatan yang dimenangkan Inggris 3-0.

- Inggris mengalahkan Wales dalam enam pertemuan terakhir. Bahkan Inggris juga clean sheet dalam lima pertandingan terakhir.

- Gareth Bale adalah satu-satunya pemain Wales yang mencetak gol ke gawang Inggris dalam abad ke-21 ketika Wales kalah 1-2 dalam 2016.

- Inggris cukup seri untuk mencapai babak knockout, sebaliknya Wales wajib mengalahkan Inggris sambil berharap pertandingan Amerika Serikat melawan Iran berakhir imbang.

- Jika salah satu dari AS atau Iran menang, maka Wales harus mengalahkan Inggris dengan paling sedikit empat gol.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement