Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Sejumlah Klub IBL Lakukan Pergantian Pemain Asing

Selasa 29 Nov 2022 09:19 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Manajer kompetisi senior IBL, Rufiana.

Manajer kompetisi senior IBL, Rufiana.

Foto: DOK Perbasi
Manajemen IBL memutuskan memberikan kemudahan bagi klub-klub peserta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain asing yang telah pilih oleh 15 klub saat IBL Draft Day 2022 lalu, ternyata tidak semua terpilih bisa memperkuat tim-tim IBL karena berbagai kendala. Manajemen IBL memutuskan memberikan kemudahan bagi klub-klub yang pemain pilihannya gagal ke Indonesia untuk menggantinya dengan pemain asing lain.

“Dalam pelaksanaan IBL Draft untuk pemain asing, liga telah menetapkan beberapa peraturan dan juga persyaratan yang telah disepakati oleh para agen pemain yang terdaftar secara resmi sebelumnya. Namun demikian, tim-tim yang sudah memilih pemain asing dalam draft dapat melakukan perubahan atau mengganti pemainnya dengan situasi serta alasan yang jelas,” kata manajer kompetisi senior IBL, Rufiana, dilansir laman IBL, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga

Menurut Rufiana, klub-klub sudah menghubungi agensi pemain asing pilihan masing-masing, dan memang ada beberapa pemain tak bisa memenuhi pilihan klub IBL karena berbagai alasan, seperti misal ada yang sudah meneken kontrak dengan klub negara lain saat IBL Draft Day 2022 berlangsung. "Hal ini bisa terjadi karena perbedaan waktu," jelas Rufiana.

IBL mengakomodasi situasi klub tersebut dan memberi solusi untuk mengganti pemain asing dengan pemain lain yang ada dalam daftar IBL Draft 2022. Dan memberi peringatan hingga sanksi kepada agen pemain asing, "Tentu kami juga memberi peringatan hingga sanksi kepada agensi-agensi terkait," ujar Rufi.

Solusi ini cukup melegakan bagi klub, mengingat masih bisa mencari pengganti pemain asing sebelum liga dimulai dan tidak dihitung sebagai pergantian paruh waktu. Beberapa tim akhirnya melakukan pergantian pemain asing dikarenakan pemain yang terpilih tidak tidak dapat memenuhi rencana kedatangan.

Bima Perkasa Jogja mengganti Tavarion Nix atau pemain asing keduanya dengan Fuquan Niles. Elang Pacific Caesar Surabaya mengganti Maxie Esho dengan Marakinyo Williams.

Satya Wacana Salatiga memilih Shemar Johnson dan Mervyn John menggantikan Jelan Kendrick dan Traivon Reed. Bumi Borneo mengganti Tony Criswell dengan Cameron Devon. Evos Thunder Bogor menunjuk Andre Jackson untuk mengganti Christopher Ware dan Amartha Hangtuah menggantikan Brandon James Jenkins dengan Joe Mvuezolo.

"Kami bersyukur dengan solusi pergantian yang diberikan oleh IBL terkait pemain asing yang tidak bisa datang karena satu dan lain hal. Ini tentunya baik bagi kami dan beberapa klub lain dengan kasus yang sama sehingga kami tidak kehilangan hak penggantian pemain asing paruh waktu nanti," kata Alvin Indra, manajer tim Bima Perkasa Jogja.

Jelang musim 2023 pada bulan Januari mendatang, para pemain asing diharapkan dapat mulai datang di Indonesia pada akhir November ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA