Selasa 29 Nov 2022 08:22 WIB

UNICEF: 110 Ribu Anak dan Remaja Meninggal karena AIDS Tahun Lalu

Pencegahan dan pengobatan AIDS hampir tidak berubah selama tiga tahun terakhir.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Anak OHIDA di sebuah Pusat Perawatan HIV/Aids yang di Yangon, Myanmar. UNICEF: 110 Ribu Anak dan Remaja Meninggal karena AIDS Tahun Lalu
Foto: Lynn Bo Bo/EPA-EFE
Anak OHIDA di sebuah Pusat Perawatan HIV/Aids yang di Yangon, Myanmar. UNICEF: 110 Ribu Anak dan Remaja Meninggal karena AIDS Tahun Lalu

IHRAM.CO.ID, ANKARA -- Menjelang Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember, UNICEF merilis potret global terbaru tentang anak-anak dan HIV/AIDS. Tahun lalu, sebanyak 110 ribu anak-anak dan remaja berusia 0 dan 19 tahun meninggal karena AIDS.

 

Baca Juga

“Sebanyak 310 ribu lainnya baru terinfeksi, sehingga jumlah total anak muda yang hidup dengan HIV menjadi 2,7 juta,” menurut UNICEF dilansir dari Anadolu Agency, Selasa (29/11/2022).

 

Kemajuan dalam pencegahan dan pengobatan HIV untuk anak-anak, remaja, dan ibu hamil hampir tidak berubah selama tiga tahun terakhir. “Meskipun anak-anak telah lama tertinggal dari orang dewasa dalam menanggapi AIDS, stagnasi yang terlihat dalam tiga tahun terakhir belum pernah terjadi sebelumnya, menempatkan terlalu banyak nyawa muda dalam risiko penyakit dan kematian,” kata Kepala Asosiasi HIV/AIDS UNICEF Anurita Bains.

“Anak-anak gagal karena kita secara kolektif gagal menemukan dan menguji mereka dan mendapatkan perawatan yang menyelamatkan jiwa mereka. Setiap hari berlalu tanpa kemajuan, lebih dari 300 anak dan remaja kalah melawan AIDS,” katanya.

UNICEF memperingatkan jika penyebab ketidaksetaraan ditangani, mengakhiri AIDS pada anak-anak dan remaja akan terus menjadi mimpi yang jauh. Namun, tren jangka panjang tetap positif dan infeksi HIV baru di antara anak-anak berusia 0 dan 14 tahun turun sebesar 52 persen dari tahun 2010 hingga 2021. Infeksi baru di antara remaja berusia 15 dan 19 tahun juga turun sebesar 40 persen.

 

“Sementara jumlah total anak yang hidup dengan HIV menurun, kesenjangan pengobatan antara anak dan orang dewasa terus bertambah,” kata UNICEF.

sumber : https://www.aa.com.tr/en/world/110-000-children-adolescents-died-from-aids-related-causes-last-year-unicef/2750461
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement