Selasa , 29 Nov 2022, 06:01 WIB

Louis Van Gaal Tegaskan Belanda Punya Potensi Juara Piala Dunia 2022

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi / Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih kepala Louis van Gaal dari Belanda (kanan) menunggu para pemain usai pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Belanda dan Ekuador, di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Jumat, 25 November 2022.
Foto AP/Martin Meissner

Pelatih kepala Louis van Gaal dari Belanda (kanan) menunggu para pemain usai pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Belanda dan Ekuador, di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Jumat, 25 November 2022.

Belanda menunjukkan permainan solid sejauh ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SOHA -- Pelatih Belanda, Louis van Gaal menekankan keyakinannya bahwa Belanda dapat memenangkan Piala Dunia Qatar dan pantas mendapatkan rasa hormat. Oranje, tak terkalahkan dalam 17 pertandingan terakhir, termasuk mengalahkan Senegal 2-0 kemudian bermain imbang 1-1 dengan Ekuador dalam dua pertandingan Grup A sejauh ini.

Mereka mengakhiri pertandingan grup mereka dengan melawan tuan rumah turnamen, Qatar pada Selasa (29/11/2022) malam WIB. Dalam konferensi pers menjelang pertandingan, Van Gaal mengatakan timnya punya kemampuan untuk memenangkan Piala Dunia 2022.

Baca Juga

"Saya harap ini (mengatakan target adalah untuk memenangkan kompetisi) tidak ada tekanan sama sekali," kata Van Gaal dikutip dari Independent, Senin (28/11/2022).

"Karena saya pikir Anda harus selalu mengidentifikasi tujuan, tujuan Anda berada di sini, dan kemudian Anda dapat bekerja menuju tujuan itu. Jika Anda tidak mengidentifikasi tujuan itu dan mengatakan 'babak 16 besar atau perempat final sudah cukup', itu bukanlah cara yang tepat untuk melakukan sesuatu," ujarnya menambahkan.

"Saya tidak pernah mengatakan kami akan menjadi juara dunia, saya mengatakan kami bisa menjadi seperti itu, bahwa kami memiliki peluang, dan para pemain juga yakin akan hal itu," tambahnya. 

Van Gaal – yang berada di masa jabatan ketiganya sebagai pelatih kepala Belanda dan membawa negaranya finis ketiga di Piala Dunia 2014 – telah mengkritik permainan timnya dalam hal penguasaan bola dalam dua pertandingan terakhir, dan mengatakan dia mencari peningkatan di bagian depan itu pada pertandingan Selasa nanti.

Tapi dia tetap membela para pemainnya secara keseluruhan. "Pada umumnya mereka telah tampil sangat baik di skuad untuk kami dan saya hanya berasumsi itu akan terus terjadi," katanya. 

"Saya mencoba memastikan setiap pemain mencapai potensi penuhnya, dan saya cukup sukses. Kami tidak terkalahkan selama 17 pertandingan dan jika Anda melihat selisih gol, saya pikir kami pantas mendapatkan rasa hormat," kata Van Gaal. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
timnas belanda louis van gaal piala dunia 2022 juara piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar world cup 2022
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya