Selasa , 29 Nov 2022, 02:41 WIB

Brasil Pastikan Tempat di Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi / Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pemain Brasil merayakan setelah rekan setimnya Casemiro mencetak gol pembuka selama pertandingan sepak bola grup G Piala Dunia antara Brasil dan Swiss, di Stadion 974 di Doha, Qatar, Senin, 28 November 2022.
Foto AP/Ariel Schalit

Para pemain Brasil merayakan setelah rekan setimnya Casemiro mencetak gol pembuka selama pertandingan sepak bola grup G Piala Dunia antara Brasil dan Swiss, di Stadion 974 di Doha, Qatar, Senin, 28 November 2022.

Pemain MU jadi aktor utama di balik kemenangan Brasil Vs Swiss.

REPUBLIKA.CO.ID, RAS ABU ABOUD -- Brasil telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar lebih cepat setelah meraih kemenangan 1-0 melawan Swiss pada matchday kedua Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion 974 - Ras Abu Aboud, Senin (28/11/2022) malam WIB. Brasil kini memimpin klasemen sementara dengan nilai enam poin.

Jalannya pertandingan:

Baca Juga

Brasil menunjukkan permainan agresif sejak menit awal pertandingan. Di menit ke-4 Vinicius mendapat hadiah tendangan bebas di sisi kiri, Raphinha mengumpan bola ke dalam kotak, tapi Richarlison gagal memanfaatkan umpan dengan sundulan yang meleset jauh dari sasaran.

Peluang pertama Swiss terjadi di menit ke-5 saat Xhaka mengirimkan umpan panjang ke depan untuk Embolo, yang berhasil membalap Marquinhos di area pertahanan Beasil, tetapi Alisson keluar dengan baik dari areanya untuk menyapu bola ke depan.

Di menit ke-12, sebuah umpan indah dari Paqueta menempatkan Richarlison ke ruang terbuka di lini depan, tetapi striker hanya memiliki Vinicius sebagai pilihan di dalam kotak dan umpan tarik berhasil dipatahkan oleh Elvedi. 

Peluang kembali dimiliki Brasil di menit ke-19, setelah kerja keras Vinicius menghadapi empat bek Swiss, Paqueta bergerak ke kiri dan melakukan umpan silang ke area penalti. Richarlison mencoba menggapai bola di tiang depan, tapi tidak bisa mencapainya. Bek Swiss Elvedi lalu membersihkannya.

Penyelamatan penting dilakukan Sommer di menit ke-27, saat Raphinha melepaskan umpan silang yang bagus ke dalam kotak. Vinicius berhasil lepas dari penjagaan dan melepaskan tembakan ke tiang jauh, tapi tendangan volinya ditepis dengan baik oleh Sommer.

Tendangan spekulasi dilakukan oleh Raphinha dari luar kotak penalti di menit ke-31. Dia mengambil bola ke tengah dan pukulan looping langsung ke sarung tangan Sommer. Swiss berusaha untuk membalas ketika Xhaka mengumpan kepada Vargas di sayap kiri, tetapi Militao menghentikannya.

Di menit ke-39, umpan silang Rodriguez dari kiri jatuh ke arah Vargas, yang kemudian berhasil mengalahkan Marquinhos, tetapi ia ragu-ragu untuk menembak dari sudut dan kehilangan momentum ketika ditekel oleh Silva. Beberapa peluang dimiliki kedua tim tapi tidak ada gol, babak pertama berakhir dengan skor kacamata. 

Di babak kedua, permainan semakin panas. Swiss tanpa ragu menekan pertahanan Brasil. Di menit ke-53, Widmer menerobos ke dalam kotak untuk memerima umpan dari kiri, dan dia melepaskan bola rendah ke tiang dekat. Rieder meluncur masuk tapi tidak bisa meneruskannya dengan baik, kemudian bola rebound yang disambar Sow diblok oleh Sandro.

Brasil membalas di menit ke-57, Vinicius berhasil menembus sisi kiri, dan langsung melepaskan umpan silang ke muka gawang, Richarlison berlari untuk menyambutnya di tiang jauh, tetapi sliding nya meleset tipis dari bola sehingga hanya melintas di mulut gawang. 

Brasil akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-66. Vinicius berhasil menyarangkan bola ke gawang Sommer saat dia merebut bol di sisi kiri dan berlari menusuk ke kotak penalti sebelum melepaskan tembakan ke tiang jauh. Namun, gol dianulir karena offside Richarlison dalam prosesnya. 

Baca juga : Penikmat Piala Dunia Non-Muslim Antusias Belajar Islam di Masjid Katara

Di menit ke-83 Brasil akhirnya benar-benar mencetak gol. Tendangan dengan bagian luar kaki kanan oleh Casemiro saat melanjutkan umpan dari Rodrygo di sisi kiri kotak penalti mengarah ke tiang jauh yang tak terjangkau oleh Sommer. Skor 1-0 untuk Brasil. 

photo
Casemiro Brasil, tengah, merayakan setelah mencetak gol pembuka timnya selama pertandingan sepak bola grup G Piala Dunia antara Brasil dan Swiss, di Stadion 974 di Doha, Qatar, Senin, 28 November 2022. - (AP/Andre Penner)
Swiss mencoba untuk bangkit di waktu yang tersisa. Tapi tidak ada yang berubah setalah tambahan enam menit. Tambahan tiga poin telah memastikan tempat Brasil di babak 16 besar Piala Dunia. 

 

 

Susunan pemain kedua tim:

Brasil (4-3-3): Alisson; Eder Militao, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Lucas Paqueta, Casemiro, Fred; Raphinha, Richarlison, Vinicius Junior.

Pelatih: Tite

 

 

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer; Silvan Widmer, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler, Granit Xhaka; Fabian Rieder, Djibril Sow, Ruben Vargas; Breel Embolo.

Pelatih: Murat Yakin 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
swiss vs brasil casemiro brasil ke babak gugur piala dunia piala dunia qatar 2022 piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar world cup 2022 timnas brasil
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya