Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Polwan Polres Sukabumi Kota Beri Terapi Sembuhkan Trauma Anak Cianjur

Selasa 29 Nov 2022 01:09 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Sejumlah polwan menghibur anak-anak di tempat pengungsian (ilustrasi)

Sejumlah polwan menghibur anak-anak di tempat pengungsian (ilustrasi)

Foto: Republika/Edi Yusuf
Anak-anak merupakan salah satu kelompok rentan saat terjadi bencana.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Resor Sukabumi Kota memberikan terapi penyembuhan trauma dengan menghibur puluhan anak korban bencana gempa bumi di lokasi pengungsian Desa Rancagoong Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (28/11/2022). "Aksi ini sebagai salah satu upaya kami untuk memulihkan trauma pasca-bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur. Anak-anak merupakan salah satu kelompok rentan saat terjadi bencana," kata Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Polres Sukabumi Kota Kompol Bambang Kristiono dalam keterangannya di Sukabumi, Senin (29/11/2022).

Menurut Bambang, penyembuhan trauma untuk anak-anak yang tinggal di pengungsian tepatnya di RT 02/08 Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku, ini juga bertujuan agar mereka tidak mengalami trauma berkepanjangan. Apalagi beberapa di antaranya ada yang orang tuanya atau rekannya menjadi korban jiwa atau meninggal pada kejadian gempa M5,6 Senin (21/11/2022) lalu.

Baca Juga

Personel Polwan yang diterjunkan untuk memberikan penyembuhan dari trauma ini mengajak anak yang menjadi penyintas gempa untuk bernyanyi dan bergembira bersama. Agar tidak selalu mengingat kejadian pahit sepekan lalu di mana gempa magnitudo 5,6 meluluh lantakkan rumah serta merenggut nyawa orang kesayangan mereka.

Keceriaan pun mulai terlihat dari wajah anak-anak yang saat ini tengah mengungsi. Meskipun awalnya mereka terlihat sedih bahkan beberapa di antaranya tatapannya kosong. "Langkah yang kami lakukan ini agar anak-anak korban bencana gempa di Cianjur tidak mengalami trauma berkepanjangan serta memotivasi mereka agar bisa melupakan kejadian lalu," tambahnya.

Bambang mengatakan penyembuhan trauma yang dilakukan pihaknya ini sebagai satu upaya bantuan kemanusiaan yang tidak hanya diberikan kepada anak-anak saja. Tetapi juga pada orang dewasa dengan metode berbeda untuk memotivasi mereka agar bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Sebelumnya Polres Sukabumi Kota juga mendistribusikan bantuan logistik untuk warga yang mengungsi di beberapa lokasi pengungsian di wilayah Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. Bantuan tersebut untuk meringankan beban penderitaan para penyintas bencana itu.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA