Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

PKS Sebut Banyak Hikmah di Balik Musibah Gempa Cianjur

Selasa 29 Nov 2022 02:37 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Bayu Hermawan

Pengungsi beraktivitas di dalam tenda darurat di Kampung Gasol, Desa Gasol, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Pengungsi beraktivitas di dalam tenda darurat di Kampung Gasol, Desa Gasol, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Salim sebut musibah diharapkan dapat menguatkan rasa persaudaraan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Salim Segaf Al Jufri, mendatangi posko tanggap bencana gempa bumi Cianjur di Kantor DPD PKS Cianjur. Pada kesempatan itu, dia bersama para pimpinan PKS lainnya datang dengan membawa bantuan dari anggota PKS.

"Kami hadir untuk melihat langsung lebih dekat kondisi gempa di Kabupaten Cianjur. Alhamdulillah juga kami datang membawa bantuan bantuan dari dari para kader PKS," ujar Salim lewat siaran pers, Senin (28/11/2022).

Baca Juga

Bantuan tersebut berasal dari potongan gaji para anggota dewan dari PKS dan sumbangan pribadi dari masing-masing anggota. Selain mengunjungi Kantor DPD PKS Cianjur, Salim beserta rombongan juga mendatangi tenda pengungsian di beberapa titik. Beberapa di antaranya di Pondok Pesantren Al Mu'in Cibanban dan Pesantren Al Uswah Cieundeur.

"Ini menunjukkan kita ingin berbagi, sikap berbagi yang saat ini mahal di Indonesia, juga semangat saling tolong menolong dan menguatkan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa," kata mantan Menteri Sosial itu.

Lebih lanjut, Salim menyebut musibah gempa bumi Cianjur diharapkan dapat menguatkan rasa persaudaraan antarsesama. Menurut dia, semua pihak pasti prihatin dengan apa yang terjadi di sana. Tapi, di balik itu semua ada banyak hikmah yang dapat dipetik.

"Hikmahnya dari peristiwa ini sangat banyak tapi yang kita bisa lihat, masyarakat saling tolong-menolong, saling bantu-membantu karena persaudaraan melebihi segala-galanya ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniyah, dan ukhuwah insaniyah," kata Salim.

Salim dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu pada kesempatan itu turut menghibur anak-anak yang berada di pengungsian. Usai bercengkerama dengan anak-anak di pengungsian, Salim beserta Syaikhu membagikan paket khusus anak-anak berupa makanan dan perlengkapan sekolah.

Dalam kunjungan tersebut, Salim dan Syaikhu didampingi Ketua MPP PKS Suswono, Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini, Ketua BPW PKS Banjabar Ahmad Ruckyat, anggota legislatif DPR RI Fraksi PKS dapil Cianjur  Ecky Awal Muharram, serta Ketua Gugus Tugas Tanggal Bencana DPP PKS Naharus Surur.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA