Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

Hadapi Bencana, Pemkot Sukabumi Maksimalkan Peran Linmas

Senin 28 Nov 2022 21:44 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Keberadaan satuan perlindungan masyarakat (Linmas) di Kota Dukabumi dimaksimalkan perannya dalam penanggulangan bencana. Sehingga ketika terjadi bencana bisa bergerak dengan cepat membantu penanganan bencana di wilayahnya masing-masing.

Keberadaan satuan perlindungan masyarakat (Linmas) di Kota Dukabumi dimaksimalkan perannya dalam penanggulangan bencana. Sehingga ketika terjadi bencana bisa bergerak dengan cepat membantu penanganan bencana di wilayahnya masing-masing.

Foto: istimewa
Tugas linmas cukup berat salah satunya adalah antisipasi penanganan bencana.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Keberadaan satuan perlindungan masyarakat (Linmas) di Kota Dukabumi dimaksimalkan perannya dalam penanggulangan bencana. Sehingga ketika terjadi bencana bisa bergerak dengan cepat membantu penanganan bencana di wilayahnya masing-masing.

Hal ini menjadi materi dalam pelatihan anggota Satlinmas Kelurahan Gedong Panjang di Ruang Pertemuan Kelurahan Gedong Panjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi Senin (28/11/2022). Kegiatan ini dalam rangka pelatihan peningkatan Kapasitas Satlinmas dalam Penanggulangan

Baca Juga

''Selama ini Linmas sudah berkontribusi dalam program -program pembangunan termasuk dalam penanganan bencana,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di sela-sela membuka acara pelatihan, Senin. Di mana para linmas terbaik dibekali keterampilan dalam menjaga keamanan ketertiban dan menjaga sosial kemasyarakatan.

Tugas linmas cukup berat salah satu saat ini yang harus antisipasi  penanganan bencana. Contohnya ketika ada musibah di kota anggota linmas harus siap terjun ke lapangan.

''Linmas memberikan informasi edukasi kepada masyarakat dan Linmas siap diperbantukan pada saat ada musibah,'' ungkap Fahmi. Sehingga bersyukur hari ini ada pelatihan dan mari sama-sama tingkatkan kualitas kompetensi.

Di sisi lain perlu ada kesiapan menjelang pemilu dan Linmas memiliki peran strategis. Sebab, tugas dan fungsi Linmas dalam kegiatan perlindungan masyarakat

Intinya kata Fahmi, dalam kegiatan sosial kemasyarakatan para anggota linmas harus terlibat secara aktif. Sehingga linmas menjadi aset bagi Pemkot Sukabumi dalam membantu masyarakat.Terakhir kata Fahmi, banggalah menjadi linmas dan menghadirkan rasa bangga dan bahagia. ''Semoga memberikan kebaikan dan berikan pengabdian yang terbaik kepada warga,'' kata dia.

Fahmi menuturkan, para anggota Linmas tercover oleh BPJS dan beberapa perlengkapan linmas sudah dipenuhi. Hal tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada linmas

Di tempat terpisah yakni Kelurahan Cikondang, Kecamatan Ciamiang juga dilakukan pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas dalam penanggulangan bencana. Dalam momen inu para linmas dibekali wawasan dan keterampilan dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana di wilayah.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA