Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Mengenal Fungsi Navigator dalam Balap Rally

Senin 28 Nov 2022 23:07 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Rifat Sungkar dan Mitsubishi Indonesia siap untuk mengharumkan Bangsa Indonesia dalam Asia Cross Country Rally yang akan digelar di Thailand.

Rifat Sungkar dan Mitsubishi Indonesia siap untuk mengharumkan Bangsa Indonesia dalam Asia Cross Country Rally yang akan digelar di Thailand.

Foto: Republika/Eric
Saat balap mobil rally, terdapat dua orang dalam satu kendaraan, termasuk navigator.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan balap mobil hanya melibatkan satu orang pengemudi di dalam kendaraan. Namun, dalam balap mobil rally, terdapat dua orang dalam satu kendaraan yang berperan sebagai driver dan sebagai co-driver atau navigator.

Mitsubishi Ralliart co-driver, Peerapong Sombutwong mengatakan, navigator dalam balap rally berperan untuk bisa memberikan pendampingan secara langsung selama driver melahap tipa lintasan dalam rally.

Baca Juga

"Navigator memiliki peran untuk memberikan rincian informasi terkait lintasan yang dilalui," kata Peerapong Sombutwong dalam Media Virtual Interview yang digelar oleh Mitsubishi pada Senin (28/11/2022).

Rincian informasi yang disampaikan kepada pengemudi sangat penting karena lintasan rally biasanya cukup panjang dan beragam sehingga pengemudi akan kesulitan jika harus menghafal seluruh rincian tersebut. Navigator memiliki peran yang cukup krusial agar pengemudi bisa melahap seluruh lintasan dengan aman, akurat dan cepat.

"Selain memberikan informasi rinci tersebut, navigator juga berperan dalam memberikan saran terkait strategi dan gaya mengemudi. Artinya, co-driver juga akan memberikan masukan kapan pengemudi harus memacu kendaraan dengan maksimal dan kapan harus membatasi kecepatan agar bisa menyelesaikan balap dengan optimal," ujarnya.

Seluruh informasi ini biasanya telah disusun oleh navigator sebelum balapan dimulai. Informasi itu kemudian disusun dalam sebuah catatan yang akan selalu dipegang oleh navigator selama balap dan akan disampaikan kepada pengemudi sesuai dengan alur lintasan yang tengah dilalui.

Tim Mitsubishi Ralliart yang terjun menggunakan Mitsubishi Triton sendiri baru saja mencetak prestasi dalam Asia Cross Country Rally (AXCR). Pada ajang yang dikenal sebagai Paris Dakar ala Asia itu, Mitsubishi Ralliart berhasil jadi juara pertama lewat pebalap Chayapon Yotha. Kemudian, pebalap Mitsubishi Ralliart berikutnya yakni Rifat Sungkar tampil jadi juara ke-lima.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA