Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Hamas Puji Dukungan Negara Arab untuk Palestina Selama Piala Dunia

Selasa 29 Nov 2022 01:46 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Gita Amanda

 Bendera Palestina terlihat di antara para penggemar Tunisia di tribun selama pertandingan sepak bola grup D Piala Dunia FIFA 2022 antara Tunisia dan Australia di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Sabtu, 26 November 2022.

Bendera Palestina terlihat di antara para penggemar Tunisia di tribun selama pertandingan sepak bola grup D Piala Dunia FIFA 2022 antara Tunisia dan Australia di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Sabtu, 26 November 2022.

Foto: EPA-EFE/Abir Sultan
Dukungan untuk Palestina termasuk para penggemar yang memegang bendera Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Hamas memuji dukungan terbuka Arab untuk Palestina selama Piala Dunia FIFA berlangsung di Qatar. Dukungan banyak diperlihatkan para penggemar dengan berbagai bentuk.

"Hamas sangat senang dengan dukungan luas yang ditunjukkan oleh penggemar sepak bola terhadap rakyat Palestina selama mereka tinggal di Qatar," kata juru bicara gerakan itu Abdul Latif Al-Qanou dilansir dari Middle East Monitor, Senin (28/11/2022).

Baca Juga

Al-Qanou berterima kasih kepada penggemar sepak bola Arab dan berbagai pihak dari seluruh dunia yang telah menyatakan solidaritas mereka dengan Palestina dan perjuangan mereka. Sesuatu yang dikatakannya merupakan ketidaksetujuan kepada pendudukan Israel.

Dukungan untuk Palestina termasuk para penggemar yang memegang bendera Palestina di samping bendera negara dari tim mereka sendiri yang ambil bagian dalam turnamen. Hingga ada yang menantang jurnalis Israel di luar stadion tempat pertandingan dimainkan.

Bahkan sehari sebelum Piala Dunia dimulai, puluhan penggemar sepak bola sempat berkumpul di Kota Lusail Qatar sambil mengibarkan bendera Palestina menjelang dimulainya Piala Dunia. Acara tersebut diselenggarakan oleh kelompok Pemuda Qatar Melawan Normalisasi yang terdiri dari penduduk setempat dan penggemar lain.

Berbagai video juga sempat viral di media sosial yang menunjukkan suasana karnaval di Kota Lusail, dengan para penggemar mengibarkan bendera Palestina. Mereka bahkan mengenakan kefiyeh Palestina, dan melakukan tarian dabke untuk menunjukkan solidaritas dengan rakyat Palestina.

Pejabat Hamas kemudian menyerukan upaya yang lebih besar untuk mendukung rakyat Palestina melawan penindasan Israel yang dilembagakan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA