Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

OLX Autos IMX 2023, Ajang Kreativitas dengan Teknologi Otomotif Masa Depan

Senin 28 Nov 2022 18:57 WIB

Red: Hiru Muhammad

OLX Autos IMX 2023 diharapkan menjadi peluang industri modifikasi dalam beradaptasi dengan teknologi otomotif masa depan

OLX Autos IMX 2023 diharapkan menjadi peluang industri modifikasi dalam beradaptasi dengan teknologi otomotif masa depan

Foto: a
Era elektrifikasi menjadi tantangan baru para modifikator di tahun-tahun mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Berkembangnya industri modifikasi selain memberi nilai tambah bagi breatifitas juga telah telah memberikan multiflier effect bagi industri terkait. Terutama dengan berkembangnya industri after market berskala industri kecil menengah. 

"Secara ekonomi industri kreatif tumbuh 10,2 persen diatas pertumbuhan ekonomi nasional," kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Kementerian Perindustrian RI, Taufiq Bawazier di sela kick off OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2023 sebagai pembuka gelaran OLX Autos IMX 2023.

Baca Juga

Menurutnya Gelaran ajang modifikasi OLX Autos IMX 2023 yang mengusung tema "The Future of Creativity" merupakan strategi yang tepat untuk merangsang ekosistem industri komponen aftermarket. Pihaknya  mendorong agar NMAA sebagai asosiasi industri modifikasi menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSPro) untuk jasa industri modifikasi kendaraan bermotor.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menyambut positif gelaran OLX Autos IMX 2023 demi menyongsong masa depan industri modifikasi Indonesia menuju era elektrifikasi kendaraan. "Kita tidak lagi bicara industri modifikasi kendaraan konvensional. Era elektrifikasi menjadi tantangan baru para modifikator di tahun-tahun mendatang dengan cara memperluas masa depan industri seiring dengan perkembangan tren kendaraan di dunia," kata Bamsoet.

Di sisi lain, industri modifikasi dan aftermarket bersama Kemenperin RI sedang mengupayakan untuk mendorong kreativitas anak muda supaya mendapat sertifikasi dan pengakuan atas hasil karyanya sehingga bisa mengantongi legalitas di Tanah Air. Jangan sampai kita hanya sekedar menikmati produk modifikasinya saja. "Sudah saatnya industri modifikasi dan produk aftermarket bangkit dan menjadi pemain di ranah Internasional," tegas Bamsoet.

Staff Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Bidang Inovasi dan Kreativitas, Josua Puji Mulia Simanjuntak. Ia menyampaikan modifikasi dan aftermarket di Indonesia diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja berkualitas, bermanfaat, dan berkelanjutan. Lebih banyak melibatkan para generasi milenial dan Gen Z menjadi pemain utama dalam mengembangkan industri modifikasi Indonesia. "Saat ini telah banyak karya modifikasi otomotif yang berkolaborasi dengan industri kreatif lainnya. Untuk itu, Kemenparekraf RI sangat mendukung sektor ekonomi kreatif melalui program - program strategis untuk menghasilkan SDM berkualitas dan meningkatkan daya saing produk lokal yang berujung pada kenaikan devisa negara," tutur Josua.

Andre Mulyadi selaku IMX Project Director menilai wujud inovasi dan kreatifitas anak muda terlihat dari munculnya para modifikator pemula, bahkan saat ini tren elektrifikasi dan migrasi kendaraan listrik di Indonesia mulai menjadi potensi baru yang dapat dikembangkan ke depannya. "IMX akan selalu hadir menjadi tonggak dan barometer baru bagi industri otomotif Tanah Air," katanya.

Keseruan dari program OLX Autos IMX 2023 'The Future of Creativity' akan tersaji dalam sejumlah 'IMX series' yang akan digelar di beberapa kota sepanjang tahun 2023. Seperti Bandung, Semarang, Surabaya, dan Bali. Sementara itu puncak acara OLX Autos IMX 2023 akan digelar pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 di Hall A - B JCC Senayan, Jakarta.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA