Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Pelawak dan Badut Hibur Korban Gempa Cianjur di Pengungsian

Selasa 29 Nov 2022 05:42 WIB

Red: Christiyaningsih

Palang Merah Indonesia (PMI) pada Senin (28/11/2022) menghadirkan pelawak Alfiansyah Bustami alias Komeng, Komando Pasukan Lawak (Koplak), dan Aku Badut Indonesia. Ilustrasi.

Palang Merah Indonesia (PMI) pada Senin (28/11/2022) menghadirkan pelawak Alfiansyah Bustami alias Komeng, Komando Pasukan Lawak (Koplak), dan Aku Badut Indonesia. Ilustrasi.

Foto: Republika/Hazliansyah
Pelawak dan kelompok badut menampilkan berbagai atraksi untuk menghibur pengungsi

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR - Palang Merah Indonesia (PMI) pada Senin (28/11/2022) menghadirkan pelawak Alfiansyah Bustami alias Komeng, Komando Pasukan Lawak (Koplak), dan Aku Badut Indonesia. Mereka didatangkan untuk menghibur warga yang terdampak gempa bumi di pos pengungsian terpusat di Lapangan Prawatasari, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Para pelawak dan kelompok badut menampilkan berbagai atraksi untuk menghibur anak-anak dan warga yang harus mengungsi karena tempat tinggal mereka terdampak gempa bumi pada 21 November 2022. Anak-anak dan warga yang tinggal pengungsian berkumpul menyaksikan aksi relawan Koplak PMI dan pasukan badut yang memancing senyum dan gelak tawa penonton.

Baca Juga

"Koplak merupakan relawan PMI yang dibentuk untuk layanan dukungan psikososial PMI. Layanan utama dalam respons PMI ini bertujuan membantu penyintas bencana pulih dari trauma akibat bencana," kata Komeng, yang juga pengurus PMI Kabupaten Bogor.

"Kami tidak punya niatan lain, kami tulus ingin membantu dengan kemampuan kami," ia menambahkan.

Para pelawak juga menghibur warga yang berada di Pos Aju 1 PMI di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Koordinator Lapangan Tanggap Darurat Bencana PMI Kabupaten Cianjur Fajar Aciana mengatakan layanan dukungan psikososial PMI telah menjangkau 492 warga yang terdampak gempa pada hari kedelapan respons tanggap darurat bencana gempa di Cianjur.

Menurut dia, relawan pelayanan dukungan psikososial PMI dari sejumlah daerah diturunkan untuk membantu pemulihan kondisi psikologis warga yang terdampak gempa bumi di Cianjur. "Anak adalah kelompok rentan sehingga selain memenuhi kebutuhan dasar saat darurat, PMI juga harus memenuhi kebutuhan bermain dan sebagainya, sehingga anak-anak di pengungsian tidak lagi mengalami kejenuhan dan trauma," katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA