Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Bruce Almighty Pernah Hampir Dibuat Sekuel

Senin 28 Nov 2022 18:41 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Cerita sekuel 'Bruce Almighty' dibuat terbalik dari versi pertamanya.

Cerita sekuel 'Bruce Almighty' dibuat terbalik dari versi pertamanya.

Foto: EPA
Cerita sekuel 'Bruce Almighty' dibuat terbalik dari versi pertamanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis skenario film Bruce Almighty yang rilis 2003 silam baru-baru ini mengungkap bahwa mereka sebenarnya memiliki ide yang sangat bagus untuk sekuel film. Gagasan tersebut di luar dari spin-off yang bertajuk Evan Almighty (2007).

Kedua penulis, yakni Steve Koren dan Mark O'Keefe, menyampaikan bahwa sekuel yang mereka bayangkan memiliki judul Brucifer. Koren dan O'Keefe mencoba meyakinkan Universal Pictures untuk menggarap sekuel itu pada tahun 2010 tetapi tidak disetujui.

Baca Juga

Meski tidak pernah direalisasikan, Koren dan O'Keefe tidak sungkan membagikan premisnya. Cerita dirancang "terbalik" dari film pertama. Seperti diketahui, pada film Bruce Almighty, karakter Bruce Nolan (Jim Carrey) membuat kesepakatan dengan Tuhan.

Pada sekuel yang dibayangkan Koren dan O'Keefe, tokoh Bruce membuat kesepakatan dengan iblis. Bruce beralih ke sisi gelap setelah kematian istri tercintanya, Grace (Jennifer Aniston). Disebutkan bahwa Jim Carrey pun tertarik dengan premisnya.

fnMw8rlitF0

"Itu tidak berhasil karena beberapa alasan, tetapi banyak orang menyukainya, termasuk Jim. Seseorang cenderung kehilangan kepercayaan saat dunia tampak tidak adil, dan itulah yang memicunya," kata Koren, dikutip dari laman Entertainment Weekly, Senin (28/11/2022). 

Meski kisahnya cukup serius, dia dan O'Keefe berencana menulisnya dengan cara ramah sehingga tidak membuat nuansa film menjadikan penonton tertekan. Koren berpikir, mungkin itu yang sedikit membuat takut studio, meski film tetap bergenre komedi.

Padahal, jika gagasan diwujudkan, Bruce di sekuel bakal dirancang menggunakan sisi barunya dengan kocak untuk menghidupkan kembali Grace. Sesuai saran Carrey, karakter yang diperankan Aniston awalnya akan muncul sebagai zombie.

Koren mengenang diskusinya dengan Carrey tentang premis awal. Sang aktor bersikeras lawan mainnya harus terlihat seperti zombie dulu, baru kemudian alur cerita akan membuatnya cantik lagi. O'Keefe pun sepakat dengan ide yang dianggap brilian itu. Apabila jadi dibuat, Brucifer hendak merekrut aktor Morgan Freeman dari film pertama kembali untuk memerankan iblis. 

"Dunia tidak berjalan sesuai keinginan Bruce. Semuanya baik-baik saja untuk sementara, lalu dia menikah dan semuanya berantakan. Dia sekali lagi mempertanyakan segalanya dan kemudian mendapatkan cara berbeda untuk menyelesaikan berbagai hal," ujar O'Keefe. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA