Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Dengan Garimas, Masyarakat Banjarnegara Bisa Gunakan Area Kantor untuk Berbagai Kegiatan

Senin 28 Nov 2022 16:50 WIB

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad

Sosialisasi dan peluncuran GARIMAS atau Galeri Interaktif Masyarakat Berbasis Digital Kolaboratif Terintegrasi di Kecamatan Banjarnegara, Senin (28/11/22).

Sosialisasi dan peluncuran GARIMAS atau Galeri Interaktif Masyarakat Berbasis Digital Kolaboratif Terintegrasi di Kecamatan Banjarnegara, Senin (28/11/22).

Foto: Pemkab Banjarnegara
Di era digital saat ini pelayanan publi dituntut mampu menghasilan terobosan baru

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA – Beberapa kantor atau instansi pemerintah di Kabupaten Banjarnegara memiliki area yang luas, yang bisa dimanfaatkan untuk ruang publik dan kegiatan masyarakat. Seperti yang ada di kompleks Kantor Kecamatan Banjarnegara.

Kantor Kecamatan Banjarnegara berada di wilayah Kelurahan Argasoka, dan menempati lahan luas. Dengan lokasi yang cukup jauh dari penduduk, serta tidak adanya transportasi umum, menjadi tantangan sekaligus potensi yang bisa dikembangkan.

Baca Juga

Kantor Kecamatan Banjarnegara memiliki halaman dan area parkir yang sangat luas dan lingkungan yang memadai, didukung pemandangan yang sejuk dan indah serta joglo yang ikonik.

Dilatarbelakangi hal tersebut, Sekretaris Kecamatan Banjarnegara, Peny Hariningsih menggagas sebuah aksi perubahan kinerja organisasi bertajuk Optimalisasi Pengelolaan “Garimas” atau Galeri Interaktif Masyarakat Berbasis Digital Kolaboratif Terintegrasi di Kecamatan Banjarnegara.

 

Gagasan inovatif Garimas bertujuan mengoptimalkan pengelolaan area kantor yang luas, yang bisa dimanfaatkan sebagai galeri interaktif di wilayah Kecamatan Banjarnegara.“Potensi dan aset tersebut bisa dimanfaatkan bersama untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Bisa untuk olahraga, seni budaya, pendidikan, pelatihan, promosi dan pemasaran UMKM serta produk ekonomi lainnya, sehingga akan menggeliatkan pertumbuhan ekonomi rakyat sekitar,” kata Peny selaku project leader gagasan inovatif Garimas, di Banjarnegara, (28/11/2022).

Peny menambahkan, aksi perubahan ini telah diresmikan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara yang dibarengkan dengan jalan sehat HUT ke-77 PGRI (26/11/22). Pada kesempatan tersebut juga dilakukan sosialisasi Garimas oleh tim efektif. Peny bersama tim memperkenalkan sekilas media digital yang telah dibangun.

Rangkaian acara pun dikemas dengan menarik, sehingga mendapatkan respon positif dari masyarakat luas. Tampil seni drama dari PIK Remaja Kelurahan Semampir pimpinan Ibu Asih yang pernah juara di tingkat propinsi, serta penampilan dari paguyuban ‘Songbara’ di bawah pimpinan ibu Restu.

Sekda Banjarnegara, Indarto, Dalam sambutannya mengapresiasi kepada jajaran Kecamatan Banjarnegara yang didukung Forkompinca telah memberikan inovasi berupa galeri interaktif masyarakat (Garimas).

“Galeri Interaktif Masyarakat Kecamatan Banjarnegara atau Garimas disusun dalam upaya untuk kepentingan publik, yaitu mengoptimalkan lahan aset pemerintah berupa halaman dan area parkir yang sangat luas dan lingkungan yang memadai. Manfaatkan sebaik mungkin untuk kegiatan yang positif,” pesan Sekda.

Camat Banjarnegara, Barijadi Jumapedo menambahkan, tujuan dari inovasi Garimas ini adalah untuk mengoptimalkan pengelolaan fasilitas galeri interaktif, berupa penguatan dalam pemenuhan regulasi dan fasilitasi dengan media digital.

Dalam era digital sekarang ini, pelaksanaan pelayanan publik dituntut untuk menciptakan terobosan-terobosan baru, yang mampu menyederhanakan dan mempermudah akses masyarakat terhadap layanan publik. Garimas berupaya memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat dengan aman dan nyaman."Tujuan lain tentu saja ingin membantu menggeliatkan simpul ekonomi masyarakat sekitar, dan mereka bisa terbantu dalam menggunakan fasilitas dan ruang publik dengan gratis dan mudah,"kata Jumpaedo.

Hadir pada acara peluncuran tersebut antara lain : Forkompimca Banjarnegara, para pimpinan instansi/ UPT di wilayah Kecamatan, Ketua PGRI Kecamatan, UPK Kecamaran, Kades dan Lurah, Ketua Paguyuban Seni dan Budaya, Ketua UMKM Kecamatan Banjarnegara, PKH, Pendamping Desa, dan TKSK Kecamatan Banjarnegara. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA