Senin 28 Nov 2022 16:17 WIB

JQR dan Komunitas Solar Generation Bantu Pulihkan Listrik di Lokasi Gempa Cianjur

Solar Generation, telah berhasil memasang energi terbarukan menggunakan solar panel

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Anak-anak korban gempa Cianjur mendapatkan dukungan kesehatan jiwa psikososial di Lapang Prawatasari, Kabupaten Cianjur, Senin (28/11/2022).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Anak-anak korban gempa Cianjur mendapatkan dukungan kesehatan jiwa psikososial di Lapang Prawatasari, Kabupaten Cianjur, Senin (28/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Jabar Quick Response (JQR) berkolaborasi dengan komunitas pembuat instalasi listrik energi terbarukan bernama Komunitas Solar Generation ikut turun langsung ke lokasi bencana untuk pemulihan kelistrikan yang terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Komunitas Solar Generation bergerak cepat bersama Jabar Quick Response menyusuri desa-desa yang listriknya masih padam. Menurut Rakha Naufal dari Komunitas Solar Generation, pada Jumat 25 November 2022 tim berhasil membangun aliran listrik menggunakan energi solar panel di dua titik lokasi. Yakni di Kampung Pasir Ipis, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang dan Jalan Pasir Gombong , Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang. 

Baca Juga

Rakha mengatakan, pihaknya akan membantu warga-warga yang masih belum teraliri listrik yang mati. Dengan menggunakan energi terbaru. Selain itu, Rakha juga sambil mengkampanyekan pemanfaatan potensi energi matahari menjadi energi listrik yang ramah lingkungan. 

"Solar Generation merupakan komunitas anak muda yang ingin mengedukasi warga di Indonesia untuk beralih ke energi terbarukan. Kami berfokus di solar panel yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik,” ujar Rakha, Senin (28/11).

Rakha mengatakan komunitas Solar Generation berdiri tahun 2007, namun dirinya baru menggelutinya dari tahun 2018. Selain membantu warga di desa-desa yang belum teraliri listrik atau terdampak akibat bencana, kampanye penggunaan energi terbarukan ini dilakukan di kegiatan musik.

Solar Generation, telah berhasil memasang energi terbarukan menggunakan solar panel di dua titik, untuk di Kampung Pasir Ipis, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang memasang 2400 watt untuk memasang di tenda pengungsian.

“Saat ini di Cianjur, kita membawa 2400 solar panel dan lampu emergency, Dorongan water filter, ini sudah terpasang dan alhamdulillah listrik sudah bisa diakses warga untuk penerangan di sana,” katanya.

Rakha mengatakan, untuk setiap pemasangan solar panel itu bisa bertahan hingga 25 tahun kedepan. Berharap juga yang paling penting adalah kampanye energi terbarukan ini bisa ke akses warga pedesaan.

Sementara itu, Syehabudin sebagai Komandan Operasi Bencana Gempa Cianjur menyebutkan bahwa dampak gempa bumi ini sangat besar sekali terutama malasah di penerangan. "Wilayah sekarang pun masih ada daerah yang padam listrik karena jaringan banyak yang roboh, JQR membantu masyarakat masalah penerangan tersebut, " kata Syehabudin. 

Saat ini, kata dia, JQR bekerja sama dengan Komunitas Solar Generation memasang solar panel energi terbarukan di wilayah Pasir Ipis, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang. Karena, wilayah tersebut masih belum tersentuh bantuan terutama soal penerangan. 

"Karena kampung itu merupakan kampung terujung wilayah Cugenang, di bawah kaki gunung Gede Pangrango atau tepatnya di kebun teh Gede, makanya kita dorong dulu yang lebih jauh karena masih belum banyak yang menjangkau kesana, " katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement